Enam Tips Cermat Sebelum Membeli Kondotel

Majalah Properti Indonesia (MPI) edisi September 2016 menurunkan liputan tentang bisnis kondotel. Salah satu bagian ulasannya adalah tentang tips cerdas sebelum memutuskan membeli kondotel. Apa saja yang ...

  • propertidata
  • 2016.09.14
  • 172

    view

  • Enam Tips Cermat Sebelum Membeli Kondotel

    Majalah Properti Indonesia (MPI) edisi September 2016  menurunkan liputan tentang bisnis kondotel. Salah satu bagian ulasannya adalah tentang tips cerdas sebelum memutuskan membeli kondotel.

    Apa saja yang harus diperhatikan calon investor saat membeli kondotel sehingga bisa mendapatkan keuntungan seperti yang diharapkan. Simak beberapa tips berikut ini :

    Reputasi pengembang Perhatikan apakah pengembang tersebut selalu berkomitmen kepada customernya. Misalnya dalam hal ketepatan waktu penyelesaian proyek. Karena apabila penyelesaian proyek tertunda, tentu Anda akan rugi dalam waktu nvestasi. Reputasi developer bisa dilihat dari jejak rekamnya di proyek-proyek sebelumnya.

    Reputasi operator Apabila kondotel dikelola oleh operator hotel internasional, mungkin Anda dapat menjatuhkan pilihan. Biasanya operator hotel terkenal akan lebih mudah memasarkan hotelnya, dan lebih baik dalam hal pelayanannya.

    Lokasi Carilah lokasi yang berpotensi mendatangkan penyewa sekaligus belum banyak pesaing. Bila di lokasi kondotel tersebut sudah banyak kondotel lain atau banyak hotel berbintang yang tingkat huniannya rendah, maka sebaiknya Anda berpikir ulang untuk membeli kondotel tersebut. Sebagai hotel, return kondotel sangat tergantung dengan tingkat huniannya. Makin tinggi, makin laku hotel tersebut, akan sangat berpengaruh pada pendapatan Anda.

    Konsep Konsep bangunan dan lingkungan yang dibangun oleh kondotel juga dapat mempengaruhi ketertarikan orang untuk menginap, disamping juga fasilitas-fasilitas yang disediakan di dalam kondotel. Jika tujuan kondotel diperuntukan pelaku bisnis konsep yang dibuat mungkin akan berbeda jika pasar yang dituju adalah keluarga.  Tanyalah terlebih dahulu konsep dan fasilitas-fasilitas yang akan dibangun.

    Perkembangan harga Amati perkembangan tren harga properti di lokasi kondotel tersebut dalam beberapa tahun terakhir. Bila tren tersebut terus naik, artinya Anda akan memetik untung dengan menjual kondotel tersebut kelak. Salah satu yang menarik dari investasi properti adalah harganya yang akan terus meningkat mengikuti kenaikan tingkat inflasi. Begitu juga dengan membeli kondotel, harga unit yang Anda beli dapat terus meningkat sehingga akan menghasilkan keuntungan tersendiri.

    6.  Kalkulasi keuntungan

    Teliti keuntungan yang ditawarkan pengelola kepada Anda. Cermati tawaran pembagian keuntungannya. Ada yang perbulan, per kuartal maupun tahunan.

    Pembagian keuntungan ini juga tidak langsung dibayarkan, karena butuh waktu untuk perhitungan akuntansi dan pajak. Saat menganalisis asumsi return, jangan lupa untuk memasukkan komponen pajak. Baca kontraknya dengan teliti, untuk memastikan semua hak Anda terpenuhi dan kewajiban dapat Anda laksanakan. MPI/YS. Versi digital dapat diakses melalui: http://www.wayang.co.id/index.php/majalah/properti-indonesia atau https://www.getscoop.com/id/majalah/properti-indonesia

    mpi-update.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci