2019, Kapasitas Beton Pra-cetak Ditargetkan Capai 41 Juta Ton

JAKARTA, KOMPAS.com - Beton pra-cetak merupakan salah satu material yang memiliki banyak keunggulan. Di antaranya mampu mempercepat waktu konstruksi dengan kualitas yang tetap terjaga.Berdasarkan keunggulan ...

  • propertidata
  • 2016.09.14
  • 281

    view

  • 2019, Kapasitas Beton Pra-cetak Ditargetkan Capai 41 Juta Ton

    JAKARTA, KOMPAS.com - Beton pra-cetak merupakan salah satu material yang memiliki banyak keunggulan. Di antaranya mampu mempercepat waktu konstruksi dengan kualitas yang tetap terjaga.

    Berdasarkan keunggulan ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan perumahan Rakyat (PUPR) berharap industri meningkatkan produksi beton pra-cetak pada tahun-tahun mendatang.

    Kapasitas 2015 berdasarkan data Asosiasi Perusahaan Pracetak dan Prategang Indonesia (AP3I) adalah sebesar 25,45 juta ton.

    "Harapan kami bisa mendorong kapasitas ini, mencapai 41 juta ton pada 2019," ujar Direktur Bina Penyelenggara Jasa Konstruksi Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan perumahan Rakyat (PUPR) Darda Daraba saat pembukaan Concrete Show South East Asia, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Rabu (14/9/2016).

    Target ini, kata Darda, sudah dicanangkan dalam rencana strategis nasional atau Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2019.

    Mengingat pemerintah menargetkan percepatan pembangunan infrastruktur nasional dan meningkatnya permintaan, sudah saatnya industri mempersiapkan kemampuan dalam menambah kapasitas.

    Ada beberapa langkah strategis yang perlu diterapkan untuk mendukung penambahan kapasitas.

    Pertama, sinergi industri dengan seluruh badan usaha yang bidangnya sama.

    Langkah kedua sinergi industri dengan perusahaan lain, seperti perusahaan baja, semen, atau tower crane, supaya penyelenggaraan infrastruktur bisa dirasakan oleh seluruh sektor.

    Ketiga, sosialisasi teknologi dan standar teknis produk kepada pemilik bangunan, perencana, manajemen konstruksi, agar dapat memilih produk yang tepat baik dari segi tipe, harga, sampai kualitasnya.

    properti.kompas.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci