Banyak Keunggulan, Beton Pra-cetak Digunakan pada Proyek Pemerintahan

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam penyelenggaraan pembangunan infrastruktur, dukungan teknologi konstruksi sangat penting supaya pengerjaannya efektif dan selesai tepat waktu.Menurut Direktur Bina Penyelenggara ...

  • propertidata
  • 2016.09.14
  • 104

    view

  • Banyak Keunggulan, Beton Pra-cetak Digunakan pada Proyek Pemerintahan

    JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam penyelenggaraan pembangunan infrastruktur, dukungan teknologi konstruksi sangat penting supaya pengerjaannya efektif dan selesai tepat waktu.

    Menurut Direktur Bina Penyelenggara Jasa Konstruksi Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan perumahan Rakyat (PUPR) Darda Daraba, salah satu sumber daya yang dapat diandalkan adalah beton pra-cetak.

    "Kementerian PUPR berupaya memaksimalkan penggunaan industri beton pra-cetak pada infrastruktur. Untuk itu, kami menyosialisasikannya, baik di Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Bina Marga, Cipta Karya, maupun perumahan," ujar Darda saat pembukaan Concrete Show South East Asia, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Rabu (14/9/2016).

    Industri ini, kata Darda, memiliki karakter dengan keunggulan utama antara lain kualitas beton yang terjamin, kontinuitas material beton, pelaksanaan yang lebih akurat, pembangunan lebih cepat dan tetap aman.

    Masih dalam rangka sosialisasi, pada 2014, pemerintah sempat menerbitkan katalog produk industri pra-cetak dan pra-tegang.

    Katalog ini diharapkan menjadi pedoman bagi seluruh stakeholder dalam memilih produk yang tepat untuk konstruksi.

    Salah satu tantangan berat dalam hal pembangunan ini, tutur Darda, adalah dinamika perkembangan yang semakin cepat.

    Untuk itu, pemerintah mendorong pelaku terkait agar mendukung percepatan pembangunan.

    "Badan usaha diminta aktif dalam setiap rencana desain konstruksi tanpa harus berpikir nilai profit berkurang dalam setiap proyek," sebut Darda.

    properti.kompas.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci