Dua Kementerian Berkomitmen Ciptakan Transportasi dan Infrastruktur Berkeselamatan

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain ditujukan untuk memberikan informasi kepada masyarakat, Pameran Transportasi dan Infrastruktur 2016 juga diharapkan dapat membangun komitmen antar-kementerian dan pihak-pihak ...

  • propertidata
  • 2016.09.14
  • 96

    view

  • Dua Kementerian Berkomitmen Ciptakan Transportasi dan Infrastruktur Berkeselamatan

    JAKARTA, KOMPAS.com - Selain ditujukan untuk memberikan informasi kepada masyarakat, Pameran Transportasi dan Infrastruktur 2016 juga diharapkan dapat membangun komitmen antar-kementerian dan pihak-pihak terkait transportasi dan infrastruktur.

    Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pameran ini merupakan upaya membangun komitmen antara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kementerian Pekerjaan Umum dan perumahan Rakyat (PUPR), Kepolisian, dan Basarnas untuk menciptakan infrastruktur dan transportasi berkeselamatan.

    "Peristiwa macet parah yang terjadi di pintu keluar Tol Brebes, merupkan contoh untuk diterapkannya sinergi yang baik antar-kementerian dan lembaga terkait lainnya," kata Budi saat memberikan sambutan di Gedung SMESCO, Jakarta, Rabu (14/9/2016).

    Dalam penanganan kondisi seperti itu diperlukan sikap kebersamaan, menghimpun koordinasi, dan juga sikap saling menghargai agar bisa tertangani secara baik dan benar.

    "Selain itu, koordinasi dengan para stakeholder dan integrasi dengan infrastruktur ke-PUPR-an juga bisa menjadi sinergi yang baik untuk dikerjakan," imbuhnya.

    Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam kesempatan yang sama juga menyatakan siap menciptakan sarana dan prasarana guna mendukung transportasi berkeselamatan tersebut.

    Menurut dia, transportasi berkeselamatan ini mesti tersistem baik sarana prasarana, geometrinya baik, dan segala fasilitas untuk berkendara aman serta nyaman juga mesti disiapkan.

    "Kalau yang diamanatkan ke kami misalnya membangun simpangan tak sebidang di jalur kereta api Brebes. Ini dibangun supaya cepat dan jelas," tambah Basuki.

    Kompas Video Antrean Kendaraan Sepanjang 18 KM di Tol Pejagan - Brebes

    properti.kompas.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci