Bukan Sekadar Kompetisi, Panitia dan Peserta Jadi Keluarga

Project Manager Jakarta Property Week (JPW) 2016, Andi Arman, menutup pintu boks kaca saat dimulainya Kompetisi Rumah Sempit. Foto: Rumah123/Jhony HutapeaAnimo masyarakat untuk mengikuti Kompetisi Rumah ...

  • propertidata
  • 2016.09.14
  • 253

    view

  • Bukan Sekadar Kompetisi, Panitia dan Peserta Jadi Keluarga

    Project Manager Jakarta Property Week (JPW) 2016, Andi Arman, menutup pintu boks kaca saat dimulainya Kompetisi Rumah Sempit. Foto: Rumah123/Jhony Hutapea

    Animo masyarakat untuk mengikuti Kompetisi Rumah Sempit di ajang Jakarta Property Week (JPW) 2016 boleh dibilang tinggi. Ada 1.700 orang yang mendaftar untuk ikut kompetisi unik ini.

    Dari ribuan pendaftar, mereka diseleksi menjadi 50 besar. Berbagai tes seleksi harus dilalui para pendaftar, yakni tes fisik selama 10 menit, wawancara, dan terakhir tes kesehatan.

    Sebulan lamanya panitia melaksanakan proses seleksi yang tentunya sangat melelahkan, tapi sekaligus menyenangkan. Panitia jelas punya banyak cerita selama proses seleksi.

    Project Manager JPW, Andi Arman, saking intensnya menangani para peserta, dia merasa jadi punya keterikatan pada para peserta kompetisi.

    "Saat 50 besar kan diadakan interview dan tes fisik. Dari 1.700 peserta kami seleksi, pastinya berbeda karakter dan background mereka. Di situ kami mulai kenal peserta dan memberikan motivasi. Mulai konek sih sama mereka," ujar Arman.

    Kemudian peserta diseleksi lagi sampai tinggal 20 besar. Dengan jumlah para peserta yang semakin ciut, hubungan panitia dan para peserta semakin layaknya keluarga saja.

    Baca juga: Perjuangan Panjang Demi Sebuah Hunian

    Arman sendiri merasa terharu ketika melihat ada peserta yang mundur dari kompetisi. Begitu pula saat panitia mendengarkan motivasi para peserta mengikuti kompetisi, dia trenyuh.

    "Kami dengar mereka waktu interview itu, tinggi-tinggi sih motivasinya. Tetapi, sayang banget waktu tahu kesehatan mereka ada yang gak mendukung," ujar Arman bersimpati pada para peserta.

    Menariknya, menurut Arman, walaupun ini sebuah kompetisi, namun di antara para peserta malah saling mendukung, bukan saling menjatuhkan.

    "Kalau sesama peserta kan biasanya saling menjatuhkan. Ini gak loh..., mereka malah saling memotivasi dan mengingatkan. Sampai-sampai peserta yang ingin tidur saja, sudah tidak ada jarak lagi. Sudah kayak keluarga banget," tuturnya.

    Waktu awal kompetisi, para panitia sempat khawatir. Mereka memikirkan bagaimana kondisi peserta nantinya. Arman bahkan tidak menyangka peserta cewek mendominasi bertahan hingga akhir kompetisi dibandingkan peserta cowok.

    "Kami gak nyangka loh... perempuannya ternyata yang bertahan, sampai pemenangnya cewek juga kan," kata Arman.

    Baca juga: Hewan Merayap, Bikin Peserta Kompetisi Rumah Sempit Berguguran di Hari Kedua

    "Apalagi waktu hari pertama, kami pikir bakal cewek-ceweknya yang banyak mundur. Waktu tantangan dengerin suara horor, orang yang gak kita sangka takut, ternyata malah mundur. Mereka cowok dua orang yang basiknya orang fitness malah," ujar Arman.

    Semua prediksi panitia, menurutnya, meleset. Berharap akhir kompetisi tersisa hanya satu orang yang akan sekaligus jadi pemenang. Namun, sampai detik terakhir kompetisi, masih bertahan 8 peserta (5 wanita, 3 pria). Untuk menseleksi mereka, akhirnya beragam tawaran dan tantangan pun digulirkan kembali oleh panitia.

    Melihat perjuangan peserta yang bertahan hingga akhir, Arman dan timnya memutuskan untuk memberikan hadiah lebih kepada peserta.

    "Kami lihat perjuangan mereka sampai akhir kompetisi, bikin kami makin bersimpati. Hadiah yang kami beri seakan tak sepadan dengan usaha mereka. Apalagi, posisi 5, 6, 7, 8. Akhirnya, kami memutuskan untuk menambah hadiah TV Samsung itu untuk dibawa pulang. Kalau voucher saja, kami rasakan kurang," ucap Arman mengakhiri perbincangan. (Wit)

    rumah123.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci