Daftar 10 Bangunan Teraneh di Dunia (II)

Big Banner

NEW YORK – Gedung-gedung ini pernah mencicipi kejayaan pada masanya sebagai gedung-gedung teraneh. Namun karena berbagai faktor mulai dari kekurangan biaya, permasalahan hukum hingga diprotes oleh masyarakat dan membuat pembangunan gedung-gedung tersebut harus dihentikan.

Berikut daftar gedung teraneh di dunia, dikutip dari The Richest, Minggu (12/4/2015).

6. Menara Tatlins

Didesain berbalut besi, kaca dan baja, menara ini rencananya akan digunakan sebagai kantor pusat bagi Third Communist International. Gedung ini merupakan bikinan arsitek asal Rusia, Vladimir Tatlin. Namun, tidak dijelaskan mengapa gedung ini akhirnya batal dirampungkan.

7. Hotel Atraction

Hotel ini merupakan bikinan arsitek kenamaan Spanyol, Antoni Gaudi. Gedung ini didesain dengan konsep neoklasi dengan sentuhan individual. Gedung ini juga masih kental dengan nuansa abad 19. Namun, karena dianggap terlalu rumit, pembangunan gedung ini akhirnya tidak dilanjutkan.

8. Istana Soviet

Bisa dibilang, Istana Soviet ini menjadi saksi bisu dari rezim Hitler di Uni Soviet. Bergaya neoklasik, istana ini didesain tampak seperti kue pengantin besar yang berjenjang. Istana ini mulai dibangun sejak tahun 1937. Namun karena krisis dan diikuti Perang Dunia II, pembangunannya harus dihentikan. Mirisnya, saat ini bekas pembangunan istana ini hanya menjadi sebuah lolam renang raksasa.

9. X-Seed 4000

Tahun 1995, Peter Neville berambisi membangun gedung pencakar langit berlapis baja berbentuk Gunung Fuji. Bahkan, gedung in iawalnya dirancang sedikit lebih tinggi dari Gunung Fuji yang asli. Namun, gedung tersebut akhirnya tidak pernah dibangun karena sang aristek, Peter, hanya ingin membuktikan kredibilitasnya sebagai arsitek kelas dunia.

10. Volkshalle

Volkshalle atau Balai Rakyat ini terinspirasi oleh bangunan Pantheon Kaisar Hadrian di Roma. Di dalamnya terdapat sebuah auditoirium yang dapat menampung 180 ribu pendukung Nazi. BBC menyebut, gedung ini sempat digadang-gadang sebagai gereja terbesar di dunia. Tidak dijelaskan mengapa akhirnya gedung ini batal dibangun.

(rzk)

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me