Ini Alasan Lantai Dapur Harus Lebih Tinggi Daripada Ruangan Lainnya

Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStockDapur merupakan ruangan penting dalam rumah. Jadi wajar saja kalau segala hal tentang ruangan yang satu ini harus kamu pikirkan, termasuk menengoknya dari sudut feng shui ...

  • propertidata
  • 2016.09.14
  • 363

    view

  • Ini Alasan Lantai Dapur Harus Lebih Tinggi Daripada Ruangan Lainnya

    Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

    Dapur merupakan ruangan penting dalam rumah. Jadi wajar saja kalau segala hal tentang ruangan yang satu ini harus kamu pikirkan, termasuk menengoknya dari sudut feng shui.

    Secara feng shui, disarankan untuk membangun lantai dapur lebih rendah ketimbang lantai ruang lain. Posisi lantai dapur yang lebih tinggi dari ruangan lainnya akan menghindarkan kotoran-kotoran semisal debu, jatuh di dapur. Hal sebaliknya akan terjadi kalau posisi lantai dapur lebih rendah.

    Sebagai tempat mengolah sejumlah bahan menjadi sumber energi (makanan), dapur merupakan sumber energi penting. Bila sumber energinya kotor, maka energi yang masuk ke dalam tubuh penghuni rumah juga jadi kotor. Tentunya, hal ini bisa memengaruhi kinerja tubuh.

    Baca juga: Inilah Tren Dapur yang Bisa Kamu Coba

    Begitu juga dalam mengatur perabotan di dapur. Di ruangan ini ada dua energi (api dan air) yang bertolak belakang. Bila penempatan perabotan di dapur  menghasilkan konflik energi, akan memengaruhi seluruh energi di rumah.

    Perihal pintu dapur, sebaiknya menghadap ke arah yang tak menyebabkan konflik energi, antara lain arah Timur dan Tenggara yang memberikan energi kayu.

    Pintu dapur yang menghadap ke tanah kosong gak masalah. Tapi, yang perlu diperhatikan yakni bila septic-tank tepat menghadap pintu dapur, pindahkanlah pintu itu.

    Untuk membuang panas dapur ke luar ruangan, kamu dapat menggunakan jendela, tapi jangan memosisikan jendela tepat di atas kompor yah!

    rumah123.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci