Daftar 10 Bangunan Teraneh di Dunia (I)

Big Banner
NEW YORK – Kreativitas memang tidak pernah ada batasnya, begitu juga dalam mendesain bangunan atau gedung pencakar langit. Para arsitek berlomba-lomba membangun gedung dengan desain yang super aneh di dunia.

Berikut daftar gedung teraneh di dunia, dikutip dari The Richest, Minggu (12/4/2015).

1. The Russian Tower

The Russian Tower tadinya merupakan salah satu gedung pencakar langit tertinggi di Eropa. Tinggi gedung ini mencapai 630 meter, yang dilengkapi dengan 118 lantai dan berkapasitas 30.000 orang. Gedung ini didesain oleh konsultan arsitektur asal London Sir Norman Fosters. Dibangun mulai pada 2007, sayangnya pengerjaan gedung pencakar langit ini harus terhenti karena krisis pendanaan yang dialami pihak pengembang.

2. Phare du Monde

Didesain oleh seorang enjinering asal Prancis, Eugene Freyssinet, gedung ini dibangun tahun 1937. Dengan tinggi 701 meter, di atas puncak gedung ini dilengkapi dengan sebuah mercu suar. Gedung ini juga memiliki restoran dan garasi mobil yang dapat menampung sebanyak 500 mobil. Tidak dijelaskan mengapa pembangunan gedung ini tidak dilanjutkan. Tapi, jika gedung ini betul-betul rampung akan menjadi satu-satunya gedung pencakar langit di dunia yang dapat mengakses tiap lantainya dengan menggunakan mobil.

3. The Illinois

Dikenal juga dengan nama Illinois Sky-City, gedung ini merupakan besutan arsitek kenamaan Frank Lloyd Wright. Namun sayangnya, tanpa alasan yang jelas pembangunan gedung yang dimulai sejak tahun 1965 harus terhenti. Jika gedung ini masih berdiri kokoh, gedung ini akan menjadi gedung pencakar langit tertinggi di dunia mengalahkan Burj Khalifa.

4. The Fourth Grace/The Cloud

Sama seperti namanya, gedung ini didesain berbentuk gumpalan awan. Di desain oleh arsitek asal Inggris Will Alsop, gedung ini harus dihentikan pembangunannya karena banyak diterpa masalah. Mulai dari rumitnya desain hingga menyebabkan meningkatnya biaya pembangunan gedung.

5. Nakheel Harbor & Tower

Gedung ini dibangun persis di sebelah pelabuhan Nakheel di Dubai. Gedung pencakar langit ini tadinya ingin dibangun setinggi 4.600 kaki di atas lahan seluas 270 hektare (Ha). Namun, tahun 2009 krisis ekonomi melanda dunia, dan 18 bulan kemudian pembangunan gedung tersebut harus terhenti. Jika rampung, gedung ini nantinya akan digunakan untuk perkantoran dan residensial. (Bersambung)

(rzk)

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me