Bayar Iuran Tepat Waktu Kalau Mau Layanan Perumahan BPJS Ketenagakerjaan

Ilustrasi (Foto: Rumah123/iStockphoto)Layanan bantuan perumahan dari Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan tidak lantas bisa dinikmati seluruh anggotanya. Beberapa hal harus terpenuhi ...

  • propertidata
  • 2016.09.14
  • 286

    view

  • Bayar Iuran Tepat Waktu Kalau Mau Layanan Perumahan BPJS Ketenagakerjaan

    Ilustrasi (Foto: Rumah123/iStockphoto)

    Layanan bantuan perumahan dari Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan tidak lantas bisa dinikmati seluruh anggotanya. Beberapa hal harus terpenuhi jika ingin mendapat fasilitas tersebut.

    "Untuk karyawan atau peserta BPJS Ketenagakerjaan minimal keanggotaan satu tahun, harus tertib administrasi, dan membayar iuran bulanan secara tertib," kata Kepala Urusan Investasi Properti BPJS Ketenagakerjaan Edy Subagyo, seperti dituliskan Kompas.

    Iuran bulanan secara tertib, menurut Edy menjadi sorotan lantaran memiliki dampak yang sangat signifikan. Pasalnya, hal ini sangat memengaruhi dana kolektivitas jaminan hari tua (JHT) yang digunakan untuk manfaat layanan tambahan perumahan.Program ini akan mengambil investasi peserta JHT BPJS Ketenagakerjaan sebesar 30 persen.  Saat ini, lanjut Edy, pihaknya masih menunggu Peraturan Menteri (Permen) Ketenagakerjaan untuk teknis pelaksanaannya.

    Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah berlakunya layanan ini hanya untuk rumah tapak saja. Pemilihan rumah tapak ini lantaran hunian vertikal diniai belum familiar.Untuk saat ini, setidaknya ada dua rumah pekerja yang masuk dalam layanan BPJS. Adalah Perumahan Villa Karawangi di Karawang sebanyak 500 unit, dan Metropolis Residence di Serang yang memiliki 2.500 unit.

    Layanan ini terbagi menjadi dua segmen, yakni rumah pekerja dengan penghasilan Rp5,7 juta hingga Rp10 juta. Segmen lainnya adalah fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) dengan gaji kurang dari Rp5,7 juta.

    rumah123.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci