Broker Ini Spesialis Jual Kaveling Untuk Developer

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Broker properti umumnya meladeni jasa jual-beli properti (rumah, ruko, apartemen) baik baru atau bekas dari individu atau developer. Tapi Nonita Anwar, Principal Kiem’s Property, lebih berkonsentrasi memasarkan lahan atau kaveling untuk dikembangkan menjadi proyek properti. Konsumen Nonita umumnya para developer yang ingin membangun proyek tetapi kesulitan mencari lahan. Kendati fokus mencarikan lahan untuk developer, Nonita juga masih memasarkan rumah dan kaveling siap bangun.

Nonita Anwar, Principal Kiem’s Property

Nonita Anwar, Principal Kiem’s Property

“Kebanyakan yang saya tawarkan lahan-lahan dengan ukuran luas untuk dikembangkan developer. Listing yang saya pegang cukup menyebar di berbagai kota dan rata-rata sertipikatnya sudah clear dan saya berhubungan dengan pemiliknya langsung,” ujarnya kepada housing-estate.com di Jakarta, Senin (13/4).

Nonita mengatakan, ia hanya mau memasarkan properti dari pemilik atau tangan pertama dengan legalitas yang jelas. Ini dilakukan untuk memudahkan transaksi dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan yang akan mengecewakan pembeli. Tanah yang masih berstatus girik akan dipastikan dulu kepemilikannya agar nanti apabila ditingkatkan menjadi sertipikat tidak menemui kendala.

Saat ini Nonita memasarkan sejumlah lahan siap bangun di Solo dan Yogyakarta. Misalnya kaveling seluas 4.300 m2 di Jl Utama Solo Baru, tidak jauh dari Hartono Mal. “Solo dan Yogyakarta itu dua kota yang perkembangannya sangat pesat dan kenaikan harga tanahnya juga sangat luar biasa. Yang saya tawarkan ini harganya Rp16 juta/m2 karena lokasinya di pusat kota yang harganya ada yang sudah mencapai Rp25 juta/m2,” jelasnya.

Selain itu ia memasarkan tanah 100 ha, lokasinya sekitar 2 km di utara Bandara Adisumarmo Solo. Menurut Nonita, lahan yang ditawarkan Rp450 ribu/m2 ini cocok untuk dikembangkan menjadi perumahan.

Di Yogyakarta ia punya dagangan tanah seluas 30 ha. Lokasinya dekat dengan calon bandara baru di Kulonprogo. Tanah ini, katanya, cocok dikembangkan menjadi kawasan komersial atau superblok yang terdiri dari perumahan, ruko, pusat perbelanjaan, sarana pendidikan, rumah sakit, dan sebagainya.

“Kalau mau lahan untuk dibangun perumahan murah, saya ada listing di Jonggol, Cariu, seluas 52.368 m2 dengan harga Rp80 ribu/m2. Lokasinya dekat dengan Villa Harley Davidson dan jarak ke jalan raya hanya 1 km. Saat ini tanahnya ditanami jati, sengon, rambutan, dan duren,” tandasnya.

housing-estate.com