Green Building di Indonesia Bisa Dihitung Jari

JAKARTA - Kendati terlambat, namun perkembangan green building di Indonesia perlahan mulai terlihat. Sejumlah properti terutama perkantoran yang dibangun diakui sudah mulai ke arah hemat energi. CEO Leads ...

  • propertidata
  • 2016.09.15
  • 283

    view

  • Green Building di Indonesia Bisa Dihitung Jari

    JAKARTA - Kendati terlambat, namun perkembangan green building di Indonesia perlahan mulai terlihat. Sejumlah properti terutama perkantoran yang dibangun diakui sudah mulai ke arah hemat energi.

    CEO Leads Property Service Indonesia Hendra Hartono mengungkapkan, penerapan konsep green building di Indonesia terutama di Jakarta sebenarnya dimulai pada 2010, namun saat itu green building belum menjadi tren. (Baca juga: Pembangunan Green Building Hanya Sebatas Imbauan)

    BERITA REKOMENDASI

    Pembangunan Green Building Hanya Sebatas ImbauanTren Green Building di Indonesia Tertinggal dari Negara LainJerman Bangun Kompleks Perumahan Greenhouse Terbesar di Dunia

    Bahkan pada tahun tersebut jumlahnya tidak lebih dari satu lusin. Namun sekarang atau 2016 perkembangannya mulai bertumbuh.

    "Tahun 2010 itu enggak lebih dari satu lusin, sekarang sudah double ya, tapi kalau yang benar-benar bersertifikat platinum masih sedikit memang, tapi kalau memiliki aspeknya sudah mulai ada," ujarnya di Jakarta, Kamis (15/9/2016).

    Dia mengungkapkan, beberapa bangunan di Jakarta dan sekitarnya yang punya konsep green building di antaranya seperti, Green Office Park Complex BSD City, Mangkuluhur City Office Tower 1, South Quarter, Sopo Del Office Tower + Lifestyle, dan Thamrin Nine Tower 1. (Baca juga: Tren Green Building di Indonesia Tertinggal dari Negara Lain)

    Diapun berharap agar penerapan konsep green building bisa lebih berkembang di Indonesia. Pasalnya selain baik untuk pengguna bangunan, tentunya baik untuk lingkungan terutama kota.

    "Padahal Jakarta tahun 2015 jadi negara paling banyak yang memproduksi bangunan supertall di dunia, menurut versi Council on Tall Building and Urban Habitat (CTBUH)," katanya.

    property.okezone.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci