Soal Reklamasi Teluk Jakarta, Walhi Anggap Pemerintah "Bunuh Diri"

JAKARTA, KOMPAS.com - Keputusan pemerintah untuk melanjutkan proyek reklamasi Teluk Jakarta, menuai protes dari aktivis lingkungan, terutama Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi).Menurut Walhi, keputusan ...

  • propertidata
  • 2016.09.15
  • 266

    view

  • Soal Reklamasi Teluk Jakarta, Walhi Anggap Pemerintah "Bunuh Diri"

    JAKARTA, KOMPAS.com - Keputusan pemerintah untuk melanjutkan proyek reklamasi Teluk Jakarta, menuai protes dari aktivis lingkungan, terutama Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi).

    Menurut Walhi, keputusan ini dinilai terburu-buru di saat kajian soal reklamasi masih berlangsung di lapangan.

    Pemerintah seperti dengan sengaja menghancurkan keberlangsungan alam karena dampak reklamasi.

    "Bukannya melakukan rehabilitasi terhadap kondisi pesisir Indonesia yang sudah banyak mengalami krisis pengrusakan, ini malah melakukan bunuh diri massal pada ekosistem laut dan pesisir karena proyek-proyek reklamasi," ujar Direktur Eksekutif Walhi Nur Hidayati atau Yaya saat konferensi pers di Gallery Walhi, Jakarta, Kamis (15/9/2016).

    Yaya menganggap pemerintah memiliki kesalahan berpikir yang mendasar terkait reklamasi.  Reklamasi di Teluk Jakarta, khususnya menjadi pembahasan penting. Pasalnya, Jakarta adalah panutan bagi wilayah-wilayah lain.

    Pengembangan Jakarta sendiri sudah dilakukan dengan cara yang tidak berkelanjutan, karena telah mengorbankan lingkungan yang lebih besar, tidak memikirkan daya dukung dan tampung.

    Pemerintah terkesan memaksakan pengembangan kota sehingga menjadi tidak terkendali. Akibatnya, ruang terbuka hijau (RTH) semakin tergerus. Minimnya RTH ini berdampak pada wilayah Jakarta yang terus menerus dilanda banjir.

    "Seharusnya pemerintah mengalamatkan rehabilitasi pengembangan kota yang tidak sustainable. Itu jadi titik tumpu bagaimana mengatasi masalah-masalah yang ada di Indonesia, bukan bangun ilusi baru seperti waterfront city," tutur Yaya.

    properti.kompas.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci