Gini Nih Cara Merawat Karpet Biar Awet!

Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStockKarpet bisa memperindah ruangan di samping punya fungsi tersendiri semisal alas duduk dan alas meja. Karpet yang berukuran 1 meter x 1,5 meter biasanya digunakan di bawah ...

  • propertidata
  • 2016.09.15
  • 223

    view

  • Gini Nih Cara Merawat Karpet Biar Awet!

    Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

    Karpet bisa memperindah ruangan di samping punya fungsi tersendiri semisal alas duduk dan alas meja. Karpet yang berukuran 1 meter x 1,5 meter biasanya digunakan di bawah coffe table, di depan pintu masuk, dan di ruang atau kamar tidur.

    Sedangkan karpet berukuran 1,5 meter x 2 meter, 2 meter x 3 meter. 3 meter x 4 meter, 4 meter x 6 meter, dan 5 meter x 6 meter, umumnya diletakkan di ruang tamu, ruang keluarga, atau ruang santai.

    Kalau karpet berukuran 16 meter x 200 m, biasanya digunakan untuk ruang aula gedung.

    Berikut ini hal-hal yang perlu kamu perhatikan agar karpetmu bisa tahan lama alias awet.

    Bila di atas karpet terdapat lemari yang berat, sebaiknya satu atau dua bulan sekali dipindahkan. Jangan didiamkan bertahun-tahun di atas karpet yang sama karena akan berakibat karpet cepat rusak.Baca juga: Pilih Karpet sesuai Fungsi Ruangan

    Setiap dua atau tiga bulan sekali, jemurlah karpet selama satu jam. Posisi menjemurnya, sebaiknya bagian bawahnya dahulu karena dibagian ini tempat endapan air, setelah itu baru di balik bagian atasnya. Jangan terlalu lama menjemurnya, agar warna karpet tak pudar.

    Bila karpet terkena noda, baik dari makanan, minuman, air kencing, maupun darah, langkah awal membersihkannya adalah menggunakan kain putih yang dibasahi air hangat. Kemudian peras kain tersebut hingga tak terlalu basah.

    Tempelkan kain  putih tersebut di bagian yang terkena noda. Tunggu hingga noda kotoran terserap ke kain putih. Setelah itu kain dibersihkan dengan air.

    Lakukan cara itu berulang-ulang sampai noda di karpet terserap semuanya. Bila noda masih tersisa, bisa digosok perlahan searah alur benang tenunannya. Jangan berlawanan arah menggosoknya agar tak merusak tekstur karpet.

    Mencuci karpet buatan tangan sebaiknya dibawa ke toko karpet yang paham mengenai jenis karpet tersebut.

    rumah123.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci