Inilah 10 Cara Mengusir Kesan Sempit di Rumah Minimalis

Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStockRumahmu tergolong berukuran mungil? Jangan kecil hati. Orang memilih rumah berukuran kecil, bisa karena dua alasan. Pertama, karena isi kantong masih cekak. Kedua, karena ...

  • propertidata
  • 2016.09.15
  • 273

    view

  • Inilah 10 Cara Mengusir Kesan Sempit di Rumah Minimalis

    Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

    Rumahmu tergolong berukuran mungil? Jangan kecil hati. Orang memilih rumah berukuran kecil, bisa karena dua alasan. Pertama, karena isi kantong masih cekak. Kedua, karena pertimbangan praktis di zaman yang makin rumit ini, kalau gak mau dibilang serbamahal.

    Apapun  pertimbanganmu memilih rumah mungil, yang pasti kamu ingin suasana rumahmu nyaman dan terasa lapang, bukan? Coba kamu simak hal-hal berikut ini agar keinginanmu itu bisa tercapai.

    Desain ArsitekturRumah berukuran kecil akan tampak semakin kecil jika salah desain atau gaya. Desain arsitektur bergaya klasik, mediteranian, dan gotik akan membuat kesan rumah kecilmu semakin sempit. 

    Plafon TinggiBayangkan rumah tipe sempit yang berplafon rendah. Akan terbayang kesumpekan dan ketidaknyaman, bukan? Plafon yang ditinggi akan langsung memberikan kesan lega dan nyaman, meskipun ruangan rumahmu tak seberapa luas.

    Void di Titik TengahVoid lebih sering kita jumpai di rumah berlantai dua. Namun, rekayasa void juga bisa kamu terapkan di rumah kecil berlantai satu. Caranya dengan merancang plafon tinggi terlebih dahulu, setelah itu berikan ruang kosong yang menjulang ke atas di antara plafon. 

    Pilihan WarnaUmumnya warna terang dan cerah akan memberikan kesan lapang. Putih adalah warna yang paling ideal jika kamu ingin memberikan kesan lapang pada ruang sempit di rumahmu. Jika ingin menambah aksen cantik, berikan gradasi warna yang teduh semisal hijau, cokelat muda, biru, dan abu-abu. 

    Baca juga: Gini Loh Cara Mendekorasi Rumah Minimalismu

    Pencahayaan AlamiSebagaimana halnya warna, pencahayaan juga cepat sekali memberi sugesti pada manusia akan sempit lapangnya sebuah ruang. Pilihan pertama adalah pencahayaan alami yakni sinar matahari. Ya, memang itu kalau siang. Kalau malam, kesan sempit maupun lapang kurang terasa.

    Ruang Berantakan Singkirkan tumpukan kertas dan majalah atau koran yang sering kamu biarkan. Selain membuat pemandangan jadi rusak, ruang yang berantakan pun akan menambah kesan sempit dan sumpek.

    Tempatkan Pernak-Pernik di Wadah KhususOrganisasikan semua barang yang tidak selalu kamu pakai. Tempatkan pada wadah atau penampungan khusus. Jika lemarimu terlampau besar dan semakin mempersempit ruang., carilah meja yang memiliki kolong tempat penyimpanan di bawahnya.

    Pintu GeserBukaan pintu rumah membutuhkan ruang yang tak sedikit. Kamu harus selalu mengosongkan space untuk itu. Nah, coba gunakan pintu geser. Tapi, usahakan daun pintu yang digeser jangan terlampau lebar. Jika lebar, buatkan dalam dua bagian, satu digeser ke kiri dan satu lagi ke kanan.

    Ruang MultifungsiJika rumah kamu berukuran kecil, jangan ciptakan banyak sekat karena akan membatasi ruang pandangmu, yang bikin kesan sempit semakin terasa. Ruang makan, ruang rekreasi, dan ruang keluarga, bisa kamu satukan dalam sebuah space yang lebih luas di salah satu sisi rumah.

    Pilih Hiasan dinding Bermotif VertikalPilih hiasan dinding yang bermotif vertikal, bukan horisontal. Hal ini akan mengurangi kesan sempit pada ruangan di rumahmu.

    rumah123.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci