Warga MBR di Tangerang Terima Rumah Gratis

Big Banner

Masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di sekitar Desa Gunung Sari, Mauk, Tangerang, Banten kini sudah bisa bernafas lega. Pasalnya PT Nissan Motor Indonesia (NMI) bekerja sama dengan Habitat for Humanity Indonesia menyediakan sekitar 50 unit rumah baru untuk mereka secara cuma-cuma. 

Tak hanya membangun dan merenovasi rumah, mereka juga menyediakan berbagai fasilitas umum seperti tiga sarana pendidikan PAUD, dua taman bermain, dua toilet umum dan fasilitas air bersih untuk lebih dari 1.000 keluarga. 

Menurut Teddy Irawan, Vice President Nissan Motor Indonesia (NMI), pembangunan kawasan penduduk ini sebenarnya merupakan bagian dari kegiatan program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaannya.    

“Sebagai perusahaan yang memproduksi dan memasarkan produknya di Indonesia, sudah menjadi tanggung jawab sosial Nissan untuk berkontribusi terhadap masyarakat. Kegiatan CSR membangun pemukiman penduduk ini telah berjalan lebih dari empat tahun, dan manfaatnya telah dinikmati lebih dari 1.000 keluarga,” ujar Teddy
 

Sementara menurut Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia James Tumbuan, pihaknya sengaja memilih Desa Gunung Sari, Mauk, Tangerang sebagai lokasi diadakan program CSR. Pasalnya di area ini banyak masyarakat yang tinggal di rumah yang sangat tidak layak untuk dihuni.     

“Masih banyak penduduk di sini tinggal di rumah yang tidak layak huni, dan tanpa dilengkapi dengan sanitasi yang baik,” kata James. 

James menambahkan, rumah tersebut memiliki luas 5 x 5 meter persegi dan di dalamnya dilengkapi dengan fasilitas kamar mandi dan WC serta memiliki fondasi yang kuat.     

“Kita mengeluarkan dana sekitar Rp22,5 juta untuk pembangunan satu unit rumah,” ungkap James. 

Program ini juga disambut baik oleh masyarakat, salah satunya seperti Paruji Mubarak. Perwakilan dari Kecamatan Mauk ini mengatakan, pihaknya masih membutuhkan sekitar 108 rumah baru layak huni untuk warga di sana. Dirinya berharap, pemerintah dan swasta bisa dapat bekerjasama membantu mereka. 

“Kami berharap ada uluran tangan bantuan dari pemerintah ataupun swasta yang dapat membantu membangun rumah warga kami agar mereka bisa tinggal dengan nyaman dan tentram,” terangnya. 

 

 

 

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me