Cara Melepas Keramik Lantai Yang Sudah Terpasang

Jakarta,SolusiProperti.com-Tidak sedikit masyarakat yang memilih keramik sebagai material penutup lantainya. Keramik menawarkan pesona yang indah dengan keragaman pilihan warna dan motif yang tersedia ...

  • propertidata
  • 2016.09.15
  • 243

    view

  • Cara Melepas Keramik Lantai Yang Sudah Terpasang

    Jakarta,SolusiProperti.com-Tidak sedikit masyarakat yang memilih keramik sebagai material penutup lantainya. Keramik menawarkan pesona yang indah dengan keragaman pilihan warna dan motif yang tersedia. Harganya pun terjangkau, mudah dibersihkan, dan tentu saja awet. Kadang-kadang kita perlu melepas keramik yang sudah rusak, pecah, kusam, atau tergores dan menggantinya dengan yang baru. Meskipun terhitung gampang, tetapi dibutuhkan teknik tersendiri dan kesabaran agar pekerjaan ini dapat berjalan secara lancar. Jangan sampai deh niat Anda untuk mengganti sekeping keramik justru merembet ke pecahnya keramik-keramik di sekitarnya.

    Nah, berikut ini merupakan langkah-langkah cara melepas kerami dengan benar :

    Langkah 1. Melepaskan Nat Keramik

    Mulailah dengan melepaskan nat yang mengelilingi keramik yang akan dilepas. Tujuannya adalah untuk mendapatkan ruang pada lapisan ikatan semen yang ada di bawah keramik. Jadi dengan dibukanya nat keramik terlebih dahulu, maka pemisahan keramik dari ikatan semen bakal semakin mudah dilakukan. Anda pun tidak akan mencederai permukaan keramik-keramik di sekitarnya.

    Proses pembukaan nat pada keramik biasanya dilakukan melalui teknik pemahatan dan mesin gerinda. Sabar dan hati-hati menjadi kunci utama dalam mengerjakan penggantian keramik ini. Beruntung karena kini juga telah ditemukan bahan aditif yaitu cement remover yang berguna untuk menghancurkan semen menjadi partikel-partikel yang berukuran halus. Cukup oleskan bahan ini di atas permukaan nat, tunggu beberapa saat, maka nat pun akan lebih mudah dibersihkan.

    Langkah 2. Membuka Keramik

    Setelah Anda berhasil membersihkan nat yang mengelilingi keramik, proses selanjutnya ialah membuka keramik tersebut agar terpisah dari lapisan semen yang ada di bawahnya. Dalam pekerjaan ini, Anda membutuhkan pisau scrab atau pisau dempul yang memiliki bentuk lebar dan teksturnya kaku

    Adapun cara mengoperasikannya yakni doronglah pisau tersebut tepat di sudut bawah keramik dengan mengarahkannya ke kepingan keramik. Setelah itu, tekanlah pisau scrab ini secara perlahan-lahan memakai palu. Jika Anda beruntung, keramik tersebut akan langsung terangkat sekaligus. Namun bila keramik yang diangkat tadi pecah, Anda harus mengulangi lagi langkah-langkah di atas untuk mengangkat kembali sisa keramik pecah yang masih menempel di lantai.

    Langkah 3. Membersihkan Sisa Semen

    Anda juga perlu membersihkan sisa adukan semen lama yang masih menempel di permukaan lantai. Dengan begini tersedia ruang yang cukup bagi adukan semen baru sebagai bahan perekat keramik. Anda bisa menggunakan pahat beton untuk menghancurkan lapisan adukan semen tadi. Pastikan seluruh adukan semen yang lama ini terkelupas.

    Jangan lupa bersihkan sisa-sisa pahatan dari permukaan lantai. Bila perlu, Anda bisa memakai vacuum cleaner sehingga proses pembersihan ini dapat berjalan dengan lancar. Setelah semuanya beres, sekarang tiba saatnya untuk memasang ubin keramik yang baru. (YN)

    solusiproperti.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci