Komponen Bantuan Rumah Subsidi Akan Diperluas

Housing-Estate.com, Jakarta - Untuk mendorong program pembangunan sejuta rumah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) terus memberikan berbagai macam bantuan fasilitas. Sepanjang ...

  • propertidata
  • 2016.09.15
  • 259

    view

  • Komponen Bantuan Rumah Subsidi Akan Diperluas

    Housing-Estate.com, Jakarta - Untuk mendorong program pembangunan sejuta rumah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) terus memberikan berbagai macam bantuan fasilitas. Sepanjang tahun 2016 sudah disalurkan bantuan prasarana, sarana, dan utilitas (PSU) untuk 27.283 unit rumah.

    Ilustrasi

    “Bantuan PSU disalurkan di wilayah Kalimantan, Bali, dan Nusa Tenggara dengan nilai Rp6 jutaan per unit rumah. Bantuan PSU diharapkan merangsang stakeholder dalam membangun rumah selain meningkatkan kualitas perumahan subsidi,” ujar Kukuh Firmanto, Kepala Subdit Bantuan Rumah Umum Ditjen Penyediaan Perumahan Kemenpupera, dalam siaran pers yang diterima housing-estate.com di Jakarta, Kamis (15/9).

    Ke depan Kemenpupera akan menambah komponen PSU tidak hanya untuk jalan lingkungan tapi juga berupa ruang terbuka non hijau seperti lapangan olahraga, lahan parkir, penerangan jalan umum, pengelolaan sampah terpadu, dan fasilitas air minum. Penambahan komponen PSU ini diharapkan bisa lebih menarik minat pengembang dan pemerintah daerah dalam mengembangkan rumah murah.

    Selain untuk menekan satuan harga rumah subsidi bantuan PSU  bertujuan untuk meningkatkan kualitas lingkungan sehingga lebih nyaman ditinggali. Sejauh ini pembangunan perumahan bersubsidi dilakukan seadanya  karena pengembang berdalih untungnya sangat tipis. Rumah yang selesai dibangun secara umum kurang layak huni.

    “Kita berharap kebijakan bantuan PSU bisa terus disempurnakan dengan anggaran lebih besar. Pemda juga harus memastikan agar pelaksanaan bantuan PSU ini bisa berjalan dengan baik dan membuat peta kendala dan permasalahan untuk penyempurnaan program ini,” imbuhnya.

    housing-estate.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci