476.000 Rumah Tangga Dapat Bantuan Uang Muka

Big Banner

Jakarta – Sekitar 476.000 kepala Rumah Tangga akan mendapatkan bantuan uang muka perumahan. Bantuan itu diberikan sebagai tanggungjawab pemerintah dalam penyediaan perumahan.

“Jumlah tersebut merupakan total keseluruhan dari target selama lima tahun,” ujar Plt Dirjen Pembiayaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR), Maurin Sitorus, Jakarta, Kamis (16/4).

Adapun rincian target untuk setiap tahunnya adalah, pada 2015 menargetkan bantuan uang muka untuk 55.000 unit rumah, pada 2016 sebanyak 106.500 unit, pada 2017 sebanyak 124.250 unit, pada 2018 sebanyak 124.370 unit dan pada 2019 sebanyak 65.000 unit. Adapun bantuan uang muka yang akan diberikan oleh pemerintah kepada 476.000 jumlah rumah tangga adalah sebesar Rp 4 juta.

Maurin mengatakan bahwa permasalahan pembiayaan perumahan terkait dengan pendanaan. “Pasokan atau ketersediaan dana dari gabungan antara pemerintah dan swasta adalah sebesar Rp 313 triliun, sementara permintaan atau kebutuhannya mencapai Rp 1.000 triliun, hal ini berarti ada gap sebesar Rp 687 triliun,” katanya.

Maurin mengajak pemerintah daerah untuk melaksanakan kewajibannya dalam membantu mendorong pemenuhan rumah oleh Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

“Sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh pemerintah daerah dalam mendorong terpenuhinya rumah layak huni,” ujar Maurin.

Amanat yang dimaksud mencakup, penyediaan tanah, memberikan kemudahan pembangunan, penertiban dan penataan, insentif untuk mendorong pembangunan, penyelenggaraan rumah dan perumahan serta kemudahan perizinan.

Sementara itu, Plt. Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin mengatakan, persoalan perumahan harus diselesaikan secara terpadu.

“Inti dari persoalan perumahan yang harus diselesaikan ini mencakup backlog yang terbagi menjadi kepemilikan dan kepenghunian dan Rumah Tidak Layak Huni yang jumlahnya saat ini mencapai 3,4 juta unit,” kata Syarif.

Investor Daily

Imam Muzakir/LIS

Investor Daily

beritasatu.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me