Kementerian PUPR Dukung Industri Beton Pra Cetak

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendorong peningkatan kapasitas industri beton pra cetak (precast) yang ada di Indonesia.Permintaan atas beton pra cetak diyakini akan bertambah ...

  • propertidata
  • 2016.09.16
  • 818

    view

  • Kementerian PUPR Dukung Industri Beton Pra Cetak

    JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendorong peningkatan kapasitas industri beton pra cetak (precast) yang ada di Indonesia.

    Permintaan atas beton pra cetak diyakini akan bertambah setiap tahunnya, seiring meningkatnya aktivitas pembangunan di sektor infrastruktur dan perumahan bagi masyarakat pada masa mendatang.

    “Kementerian PUPR akan terus berupaya mendorong peningkatan kapasitas dan penggunaan beton pra cetak dan pra tegang dalam pembangunan infrastruktur dan perumahan di Indonesia,” ujar Direktur Bina Penyelenggaraan Jasa Konstruksi Direktorat Jenderal Bina Konstruksi, Darda Daraba di Jakarta, Kamis (15/9).

    Saat ini, menurut Darda, produk-produk beton pra cetak dan pra tegang telah banyak digunakan dalam pekerjaan konstruksi. Contohnya, tiang pancang, sheet pile dan di dinding diafragma, plat lantai, kolom dan balok bangunan gedung, dinding bangunan, gider jembatan,con block untuk lapisan perkerasan jalan. Untuk itu, ia meminta agar indutstri beton nasional bisa mempersiapkan kemampuan sumber daya industrinya baik secara kualitas maupun kapasitasnya.

    Berdasarkan data yang ada pada Asosiasi Perusahaan Pracetak dan Prategang Indonesia (AP3I), pada 2015 lalu, kapasitas industri beton mencapai 25,45 juta ton atau sekitar 18,60% dari total nilai pekerjaan beton nasional. Sesuai program rencana strategis Ditjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR menargetkan kapasitas industri beton akan didorong hingga mencapai angka 41 juta ton atau 30% pada 2019.

    “Semakin tahun seiring dengan meningkatnya aktivitas pembangunan infrastruktur nasional, maka kebutuhan permintaan beton pra cetak dan pra tegang juga akan semakin meningkat,” kata Darda.

    Dia menilai bahwa industri beton di Indonesia memiliki beberapa keunggulan antara lain kualitas material beton lebih terjamin. Lalu, adanya jaminan kontinuitas proses produksi material beton, sehingga pelaksanaan konstruksi dapat terjaga dan lebih akurat serta waktu pelaksanaan pembangunan lebih cepat dan berkualitas.

    “Kami juga akan ikut mensosialisasikan penerapan sistem pra cetak dan pra tegang untuk bidang pembangunan sumber daya air, bina marga, cipta karya dan perumahan,”katanya. (lrd)



    Laila Ramdhini/EDO

    Investor Daily

    beritasatu.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci