APM Dorong Pertumbuhan Harga Properti 40%

Jakarta- Realisasi konsep transportasi automated people mover (APM) dinilai bakal mendorong pertumbuhan harga properti di kawasan Cikarang, Jawa Barat hingga 40% per tahun. Konsep APM disodorkan PT Lippo ...

  • propertidata
  • 2016.09.16
  • 914

    view

  • APM Dorong Pertumbuhan Harga Properti 40%

    Jakarta- Realisasi konsep transportasi automated people mover (APM) dinilai bakal mendorong pertumbuhan harga properti di kawasan Cikarang, Jawa Barat hingga 40% per tahun. Konsep APM disodorkan PT Lippo Cikarang Tbk untuk mengoneksikan tujuh kawasan industri di Bekasi, Cikarang, hingga Karawang di Jawa Barat.

    “Kami perkirakan jika APM sudah beroperasi bisa mendorong pertumbuhan kenaikan harga properti berkisar 30-40% karena meningkatkan aksesibilitas kawasan Cikarang,” ujar Supriantoro, direktur Sales and Marketing PT Nusantara Prospekindo Sukses (NPS) kepada Investor Daily, di Cikarang, baru-baru ini.

    NPS adalah pengembang proyek properti terpadu The Oasis, Cikarang di areal seluas 13,5 hektare (ha). Proyek itu mencakup hunian vertikal dan tapak, mal, hingga rumah sakit. Kelak akan hadir tujuh menara apartemen dan lima hunian low rise. Selain itu, sekitar 100 rumah tapak dan sejumlah fasilitas penunjang lainnya.

    Menurut dia, saat ini, sejak dua tahun terakhir pertumbuhan harga properti di kawasan itu cukup menggembirakan. Dia mencontohkan harga hunian vertikal di apartemen Mahogany, The Oasis yang sudah ludes sejak akhir tahun lalu. Apartemen itu saat pertamakali diluncurkan harganya Rp 13 juta per meter persegi (m2), saat ini telah tumbuh sekitar 31%. “Kini, harga di pasar sekundernya sudah menyentuh Rp 17 juta per meter persegi,” tutur Supriantoro.

    Dia menambahkan, kehadiran APM amat positif bagi transportasi di kawasan industri tersebut. Mobilitas para pekerja maupun warga yang tinggal di kawasan Cikarang dan sekitarnya akan lebih nyaman. “APM akan sangat menolong transportasi kawasan, termasuk para penghuni proyek properti kami,” tegasnya.

    Supriantoro menjelaskan, pihaknya amat mendukung upaya pengintegrasian kawasan sehingga membuat pusat ekonomi itu terus bertumbuh pesat. Pergerakan orang dan barang, baik itu di dalam kawasan maupun menuju keluar kawasan, yakni menuju kota di sekitarnya, bakal lebih baik lagi. “Kami mengacu pada kawasan industri yang terintegrasi,” tuturnya.

    Sementara itu, Direktur/Chief Marketing Officer (CMO) PT Lippo Cikarang Tbk Stanley Ang, pernah mengatakan, kehadiran moda transportasi masa depan di Koridor Timur Jakarta tersebut merupakan solusi yang ditunggu-tunggu oleh para pelaku usaha. Pihaknya yakin, dengan tersedianya fasilitas tersebut, pertumbuhan ekonomi di Bekasi, Karawang, Purwakarta, hingga Subang akan berkembang secara signifikan pada masa mendatang.

    “Kami memperkirakan pertumbuhan di kawasan Cikarang dan sekitarnya minimal akan menjadi tiga kali lipat dari saat ini. Hal itu menjadi salah satu alasan mengapa para investor tertarik dengan Newport Park, menara apartemen yang baru di Orange County,” kata dia, di Jakarta.



    Edo Rusyanto/EDO

    Investor Daily

    beritasatu.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci