Penyebab Green Building di Indonesia Belum Berkembang

JAKARTA Untuk menciptakan kehidupan yang berkelanjutan di sebuah perkotaan, bangunan-bangunan pencakar langit kini mulai mengarah pada konsep bangunan hijau atau green building. Namun diakui penerapan ...

  • propertidata
  • 2016.09.16
  • 124

    view

  • Penyebab Green Building di Indonesia Belum Berkembang

    JAKARTA – Untuk menciptakan kehidupan yang berkelanjutan di sebuah perkotaan, bangunan-bangunan pencakar langit kini mulai mengarah pada konsep bangunan hijau atau green building.

    Namun diakui penerapan green building di Indonesia masih terkendala beberapa hal, salah satunya adalah pemahaman masyarakat Indonesia sendiri tentang green building.

    BERITA REKOMENDASI

    Jadi Green Building, Gedung Harus Penuhi Kriteria IniHOT PROPERTY: Belum Ada Kewajiban untuk Bangun Green BuildingTERPOPULER: Perkembangan Konsep Green Building di Indonesia Ketinggalan

    Sebagian besar masyarakat terutama dari kalangan pelaku pembangunan gedung menganggap konsep ini tidak terlalu bermanfaat. (Baca juga: Green Building di Indonesia Bisa Dihitung Jari)

    “Memang orang tidak terlalu menganggap ini tidak terlalu bermanfaat, karena ini lebih kepada cara hidup yang bertanggung jawab, itu paradigm orang, jadi untungnya enggak ada selain untuk lingkungan dan bumi,” ujar Ketua Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Ahmad Djuhara, kepada Okezone, Jumat (16/9/2016).

    Selain itu tingginya cost untuk membangun gedung ramah lingkungan ini jadi kendala lain, yang diperburuk dengan tidak adanya insentif yang menarik bagi para pelaku pembangunan green building. (Baca juga: Pembangunan Green Building Hanya Sebatas Imbauan)

    “Di Singapura mereka insentifnya banyak, di Indonesia belum, tapi menarik di Surabaya itu Bu Risma sudah memulainya, karena memang kalau ini diterapkan bisa banyak keuntungan, tapi memang belum masuk dengan pola pikir di sini,” katanya.

    property.okezone.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci