Ahok: “Gedung di Jakarta Harus Ramah Lingkungan”

green building) yang mengamanatkan agar pembangunan gedung mengadopsi konsep green building yang sudah menjadi tren global.Menurut Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), jumlah gedung di Jakarta ...

  • propertidata
  • 2016.09.16
  • 586

    view

  • Ahok: “Gedung di Jakarta Harus Ramah Lingkungan”

    green building) yang mengamanatkan agar pembangunan gedung mengadopsi konsep green building yang sudah menjadi tren global.

    Menurut Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), jumlah gedung di Jakarta yang sudah mengadopsi green building masih sedikit. “Pemprov akan menerapkan Pergub ini secara bertahap untuk seluruh gedung yang ada di Ibukota Jakarta. Bila konsep ini diterapkan hingga tahun 2030 akan menghemat 30% penggunaan energi listrik dan air,” ujarnya di Balai Kota pekan ini.

    Selain itu, kata Ahok, penerapan konsep green building akan menekan efek rumah kaca, konsumsi karbon (CO2), dan limbah. “Saat ini 260 gedung (di Jakarta) seluas 15 juta m2 baik gedung pemerintah maupun swasta yang menerapkan green building. Nanti semuanya akan dibuat green building karena ini wajib,” tegas Ahok.

    Selain perkantoran konsep green building juga akan diterapkan dalam pengembangan rumah susun (rusun). Salah satunya diterapkan di rusun Daan Mogot (7 tower). Pemprov sendiri akan memelopori dengan menerapkan green building di gedung milik DKI.

    Ahok menyebutkan 260 gedung ramah lingkungan di DKI dapat mengurangi efek gas rumah kaca sekitar 605.000 metrik ton per tahun. Biaya listrik dihemat hingga US$68,3 juta dari penghematan listrik sebesar 850.000 mega watt hour (MWH). “(Penghematan) ini sangat besar makanya kita akan terus mendorong penerapan green building. Pokoknya tahun 2030 seluruh gedung di Jakarta sudah bisa mengurangi energi gedungnya sampai 30%,” tutur Ahok.

    Tahun lalu Green Building Council Indonesia (GBCI) mengumumkan bahwa jumlah gedung di Jakarta yang sudah menerapkan green building masih sangat minim. Menurut Chair Person Green Building Council Indonesia (GBCI) Naning Adiwoso, di Jakarta sendiri setidaknya ada 14 gedung yang sudah menerapkan konsep hijau. Ada gedung-gedung lama, ada juga gedung baru.

    Jika dilihat dari segi jumlah memang masih terbilang sangat sedikit. Apalagi jumlah bangunan dan gedung tinggi di Jakarta sendiri seolah tak terhitung lagi. Tapi, bagi Naning jumlah itu sudah menggambarkan konsep ramah lingkungan mulai dilirik banyak orang. “Kalau dibilang terlambat kita memang terlambat. Apalagi dibandingkan dengan Amerika. Tapi sejak tahun 2010 responsnya cukup,” katanya.

    Beberapa bangunan yang sudah mendapatkan sertifikasi ramah lingkungan, Greenship, dari GBCI antara lain Sequis Center, Menara BCA, Gedung Sampoerna Strategic, Kementerian PU, Kantor L’Oreal Indonesia, dan Mal Pacific Place. (EKA)

    jktproperty.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci