Harga Rumah Subsidi Segera Naik?

Ilustrasi. Foto: Rumah123/IstockDua pihak terkait penyelenggaraan Program Rumah Subsidi, Bank Tabungan Negara dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat berbeda pernyataan terkait harga rumah ...

  • propertidata
  • 2016.09.16
  • 606

    view

  • Harga Rumah Subsidi Segera Naik?

    Ilustrasi. Foto: Rumah123/Istock

    Dua pihak terkait penyelenggaraan Program Rumah Subsidi, Bank Tabungan Negara dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat berbeda pernyataan terkait harga rumah subsidi.

    "Harga rumah subsidi setiap tahun naik sekitar 5-6 persen. Ini sudah  diatur dlm Peraturan Menteri Keuangan dan Menteri PUPR," kata Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR, Maurin Sitorus kepada Rumah123 melalui pesan Whatsapp, Jumat (16/9).

    Sementara itu, Corporate Secretary BTN, Eko Waluyo menyatakan hal berbeda. "Itu tidak benar. Harga rumah tetap, nggak berubah," ujar Eko saat ditemui di sela acara penandatangan kerja sama penyediaan rumah untuk pekerja di Plaza PP Properti, Kamis (15/9).

    Menurut Eko, memang pengajuan kredit pemilikan rumah (KPR) untuk rumah subsidi akan berakhir pada November mendatang. "Itu yang sampai November hanya pelayanan KPR-nya saja untuk tahun 2016, dan dibuka lagi pembukuan tahun depan. Kalau soal harga tetap sama."

    Baca juga: BPJS Ajak Investor Pihak Ketiga Bangun Rumah Pekerja

    Eko melanjutkan, sampai saat ini, harga rumah subsidi masih menggunakan harga yang ditetapkan pemerintah, yakni di kisaran Rp135 juta untuk kawasan Jabodetabek, dan Rp116 juta di luar daerah tersebut. Meski demikian, Eko menegaskan akan mengikuti kebijakan pemerintah.

    Sebelumnya, Solopos menulis pernyataan Pimpinan Cabang BTN Syariah Solo, Anggarani. Dalam berita tersebut, Rani menyatakan KPR subsidi tidak bisa dilakukan secara inden. Realisasi KPR baru bisa dilakukan setelah bangunan terselesaikan.

    Desember akan digunakan untuk pengurusan berkas administrasi yang sudah diajukan sebelumnya sehingga tidak bisa melayani pengajuan baru. Lebih lanjut, ia mengatakan, pengajuan setelah November akan dikenai harga rumah baru.

    Harga rumah dimaksud adalah sebesar Rp123 juta. Angka tersebut disebut sebagai harga resmi rumah subsidi untuk 2017, seperti telah diatur Kementerian Keuangan (Kemenkeu). (Vri)

    rumah123.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci