Ini Dia Aplikasi untuk Penginapan Murah Bagi Backpacker

Penginapam murah menjadi pilihan untama bagi pelancong (wisatawan) yang berkantorng pas-pasan. Penginapan yang murah dan nyaman menjadi pertimbangan utama. Karena itu Airbnb memberikan kedua hal tersebut ...

  • propertidata
  • 2016.09.16
  • 791

    view

  • Ini Dia Aplikasi untuk Penginapan Murah Bagi Backpacker

    Penginapam murah menjadi pilihan untama bagi pelancong (wisatawan) yang berkantorng pas-pasan. Penginapan yang murah dan nyaman menjadi pertimbangan utama. Karena itu Airbnb memberikan kedua hal tersebut dengan konsep berbagi.

    Seperti diulas dalam Majalah Properti Indonesia (MPI) edisi September 2016, bahwa  layanan jasa berbasis aplikasi atau online dengan konsep berbagi (sharing) saat ini memang sedang marak. Konsep berbagi yang sangat beken di dunia transportasi barangkali  ikut mengilhami  Airbnb yang menjalani bisnis di sektor penyewaan hunian atau tempat tinggal sementara.

    Airbnb yang merupakan akronim dari Air Bed and Breakfast memediasi kepentingan penyedia kamar dan orang yang butuh kamar menginap. Secara umum, dalam laman peramban mereka, Airbnb merupakan situs yang memajang opsi penginapan mulai dari rumah pribadi, apartemen, hingga kastil.

    Melalui aplikasi ini, orang dapat menyewa ataupun menyewakan akomodasi di seluruh dunia. Airbnb didirikan pada Agustus 2008 di San Francisco, California, Amerika Serikat oleh Brian Chesky, Joe Gebbia dan Nathan Blecharczyk. Pada awalnya, mereka membuka layanan ini untuk memfasilitasi kebutuhan sesame desainer seperti mereka.

    “Kami membuat sebuah website sederhana dan lahirlah penginapan airbed kami. Tiga tamu beruntung berkesempatan untuk menginap di atas airbed seharga 200 ribu di lantai kayu yang keras. Tapi mereka menyukainya dan begitu pula dengan kami.

    Ketika kami mengucapkan selamat jalan pada tamu yang terakhir dan pintu tertutup, saya dan Brian saling bertatapan, apakah kami baru saja menemukan bahwa kita bisa mendapatkan teman baru sembari menerima uang sewa?,” cerita Gebbia kepada Ted.com.

    Dan kini, dari pengakuan Gebbia, pada jasa layanan kami saja, ada 785.000 orang di 191 negara yang bersedia tinggal di rumah orang asing atau membuka pintu mereka untuk orang asing. Mengapa mereka tertarik untuk menggunakan layanan ini.

    Kunci utamanya adalah sistem Airbnb sangat fleksibel. Pemilik akomodasi bisa menyewakan sebuah kamar seperti sistem BnB (Bed and Breakfast atau Homestay) tradisional, ataupun menyewakan seluruh rumah/apartemen.

    Ketika mencari kamar untuk Airbnb, dalam laman akan diberikan pilihan untuk memfilter hasil pencarian akomodasi. Sevagai contoh, bisa ditentukan apakah ingin menyewa seluruh apartemen atau hanya sebuah kamar di rumah seseorang yang biasanya lebih murah karena harus berbagi fasilitas/ruang dengan pemiliknya.

    “Saya memilih Airbnb karena murah, serasa di rumah, dan sejauh ini kamar yang ditawarkan bersih. Saya berani memilih kamar melalui aplikasi itu berdasar pada ulasan penyewa sebelumnya. Saya mencari kamar yang cocok dengan saya ketika melancong,” kata Laras, pemudik yang tinggal di BSD, Tangerang Selatan kepada Harian Kompas.

    Sementara, bagi mereka yang memiliki kamar kosong di rumahnya atau apartemen tidak terpakai, bisa mencoba untuk menawarkannya melalui situs ini. Melalui Airbnb, kamar kosong tersebut bisa memberikan penghasilan tambahan dengan cara yang relative mudah.

    “Saat ini di Indonesia sudah mulai ada banyak yang menyewakan tempatnya melalui Airbnb. Bahkan kami tahu beberapa teman kami yang mendapatkan penghasilkan tambahan dengan melakukan ini,” tulis laman Airbnb.com.

    Fitria Utami yang bergabung dengan Airbnb sejak 2014 bisa dijadikan contoh. Fitria menyewakan dua kamar di rumah orangtuanya di Cipinang, Jakarta Timur, kepada puluhan tamu. Fasilitas yang tersedia juga tidak muluk-muluk amat, kamar mandi pribadi, sarapan pagi, internet, dan televisi kabel. “Saya memang tidak mencari uang, tetapi lebih mencari pengalaman bertemu orang baru,” katanya seperti dikutip dari Harian Kompas. Mpi Versi digital dapat diakses melalui: http://www.wayang.co.id/index.php/majalah/properti-indonesia atau https://www.getscoop.com/id/majalah/properti-indonesia

    mpi-update.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci