Festival Tani Nusantara 2016 Bisa Angkat Wisata Lombok Tengah

Menurut Wilgo Zalinar, Anggota Dewan Pembina HKTI, panitia FTN telah mempromosikan event ini ke mancanegara agar banyak wisatawan asing yang datang ke Lombok Tengah. Menjelang acara FTN hampir semua hotel ...

  • propertidata
  • 2016.09.16
  • 142

    view

  • Festival Tani Nusantara 2016 Bisa Angkat Wisata Lombok Tengah

    Menurut Wilgo Zalinar, Anggota Dewan Pembina HKTI, panitia FTN telah mempromosikan event ini ke mancanegara agar banyak wisatawan asing yang datang ke Lombok Tengah. “Menjelang acara FTN hampir semua hotel di Lombok Tengah fully booked,” ujarnya kepada jktproperty.com.

    Menurut dia, acara festival seperti ini memang layak dipromosikan ke mancanegara agar pelancong dari luar negeri mau datang ke Lombok. “Apalagi pada Festival Tani Nusantara 2016 kami juga mengundang banyak investor mancanegara untuk hadir,” tambahnya.

    Lebih lanjut Wilgo mengatakan event FTN merupakan yang pertama kali digelar di Indonesia dengan semangat kembali mencintai pertanian. Menurutnya, festival dengan tema ”Pemuda Bangkit, Petani Makmur” itu akan digelar di Nusa Tenggara Timur (NTT) pada tahun depan dan di Sumatera Barat pada tahun berikutnya.

     

    Sementara itu Ketua Pemuda Tani Indonesia (PTI), Fary Djemy Francis mengatakan bahwa Festival Tani Nusantara (FTN) bertujuan membangkitkan motivasi para pemuda untuk kembali mencintai sektor pertanian. Untuk itu, ujarnya, dalam acara tersebut akan ditampilkan para pemuda tani yang sukses sehingga bisa dijadikan model untuk memotivasi pemuda untuk kembali bertani.

    “Dalam acara FTN ini akan ditunjukkan hal hal yang berkaitan dengan kisah sukses pemuda tani dan masyarakat agar para pemuda mau kembali bertani,” ujarnya. Bahkan dalam acara selama tiga hari itu setiap cabang PTI di Indonesia juga akan menampilkan program pertanian unggulan.

    Fary menambahkan bahwa ajang FTN tidak saja akan menampilkan program pertanian unggulan, tapi juga menggelar semacam gathering antara para petani dan pemangku kepentingan seperti investor sektor pertanian.

    “Gathering ini bertujuan untuk membangun jaringan dari hulu ke hilir antara para petani dengan para staheholder termasuk investor pertanin dan pengambil kebijakan,” ujar Ketua Komisi V DPR dari Fraksi Partai Gerindra tersebut. Dia menambahkan bahwa FTN yang bernilai edukasi dan hiburan itu akan dihadiri sejumlah menteri Kabinet Kerja.

    Berdasarkan catatan, total wisatawan yang datang ke Lombok tumbuh 13% secara tahunan (pada September 2015 atau mencapai 1,16 juta wisatawan). Meski penurunan tingkat hunian hotel diprediksi masih berlanjut di 2016 akibat depresiasi rupiah dan pembatalan rute penerbangan, hotel di Lombok melakukan perbaikan strategi untuk menarik lebih banyak wisatawan domestik dan regional. Tercatat, sebanyak 16 hotel baru akan hadir di Lombok hingga 2019, dengan total 1.500 kamar.

    Setiap tahun jumlah wistawan mancanegara yang datang ke Lombok mengalami peningkatan. Mereka datang rata-rata untuk tujuan berlibur, namun tidak sedikit yang tujuannya untuk berbisnis atau mencari keuntungan dari aspek sosial-ekonomi. Pemerintah daerah di Lombok Tengah juga telah membuat strategi pengembangan pariwisata dengan mencanangkan 5 M, yakni membebas-visakan para pelancong mancanegara, meningkatkan SDA di 5 ekuitas destinasi wisata, menyamankan akses berwisata, mengembangkan kelestarian budaya lokal dan mengoptimalkan duta pariwisata. (PIT)

     

    jktproperty.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci