Jurus Merajut Koridor Timur Jakarta (1)

WAJAH Stanley Ang tampak berbinar. Pagi itu dia dengan gamblang membeberkan bagaimana pentingnya merajut kawasan industri yang membentang di timur Jakarta.Kami menawarkan konsep transportasi automated ...

  • propertidata
  • 2016.09.17
  • 1083

    view

  • Jurus Merajut Koridor Timur Jakarta (1)

    WAJAH Stanley Ang tampak berbinar. Pagi itu dia dengan gamblang membeberkan bagaimana pentingnya merajut kawasan industri yang membentang di timur Jakarta.

    “Kami menawarkan konsep transportasi automated people mover (APM) untuk mengintegrasikan kawasan industri yang ada di timur Jakarta,” papar Direktur/Chief Marketing Officer (CMO) PT Lippo Cikarang Tbk itu dalam sebuah diskusi, di Jakarta, Selasa (13/9).

    Terintegrasinya kawasan industri dengan angkutan umum massal masa depan membuat Koridor Timur Jakarta menjadi lebih menggeliat. Stanley bahkan optimistis bila itu terwujud ekonomi kawasan itu terdongkrak hingga tiga kali lipat dibandingkan saat ini.

    “Kini, ada sekitar 4.097 perusahaan yang beroperasi di kawasan industri Koridor Timur, kelak jika infrastruktur transportasinya terintegrasi, jumlah itu akan bisa menembus hingga 15 ribu perusahaan,” papar dia.

    Pendapat senada dilontarkan oleh pengembang properti yang menggarap proyek di Cikarang, yakni PT Nusantara Prospekindo Sukses (NPS). Anak usaha PT Cowell Development Tbk itu menggarap proyek properti terpadu seluas 13,5 hektare (ha), yakni The Oasis, Cikarang.

    “Kami perkirakan jika APM sudah beroperasi bisa mendorong pertumbuhan kenaikan harga properti berkisar 30-40% karena meningkatkan aksesibilitas kawasan Cikarang,” ujar Supriantoro, direktur Sales and Marketing PT Nusantara Prospekindo Sukses (NPS) kepada Investor Daily, di Cikarang, baru-baru ini.

    Dia menambahkan, kehadiran APM amat positif bagi transportasi di kawasan industri tersebut. Mobilitas para pekerja maupun warga yang tinggal di kawasan Cikarang dan sekitarnya akan lebih nyaman. “APM akan sangat menolong transportasi kawasan, termasuk para penghuni proyek properti kami,” tegasnya.

    Sementara itu, dari 4.097 perusahaan manufaktur itu sekitar 3.000 di antaranya adalah perusahaan asing (multinational corporation). Mereka berasal dari Asia seperti Jepang, Korea, Tiongkok, Inggris, dan Amerika Serikat. Tak heran jika saat ini tercatat setidaknya ada 21 ribu ekspariat dan jutaan tenaga kerja lokal yang wira-wiri di kawasan industri.

    Presiden Direktur PT Lippo Cikarang Tbk Toto Bartholomeus menyatakan, adanya rencana pengembangan berbagai proyek infrastruktur akan menambah aksesibilitas menuju dan dari Koridor Timur Jakarta. “Ini sekaligus semakin memperkuat economic base yang sekarang ini berkembang di Koridor Timur Jakarta," ujar dia, dalam publikasinya di Jakarta, Selasa (13/9).

    "Sebagai hub atau jantung dari Koridor Timur Jakarta ini, PT Lippo Cikarang Tbk tidak hanya mengembangkan masterpiece integrated development Orange County seluas 322 hektare. Kami juga mendukung pertumbuhan fasilitas terlengkap dan terdepan untuk para investor dan penghuni di Orange County ini, salah satunya APM," imbuh Toto Bartholomeus.

    Koridor Timur Jakarta membentang dari Bekasi, Cikarang, Karawang, Purwakarta hingga Subang. Kesemuanya berada di wilayah provinsi Jawa Barat. Terdapat delapan kawasan industri, yakni Delta Silicon, Hyundai, EJIP, MM2100, Jababeka, Delta Mas, KIIC, dan Surya Cipta.

    Di sekitar kawasan itu juga tengah digarap sejumlah proyek infrastruktur transportasi yang mencakup kereta cepat Jakarta-Bandung, rencana pengembangan pelabuhan Patimban Deep Seaport, dan bandara Kertajati International Airport di Subang.



    Edo Rusyanto/EDO

    Investor Daily

    beritasatu.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci