Kota-Kota Asia dan Eropa Bersaing Jadi yang Terbaik

KOMPAS.com - Singapura dan Seoul menjadi dua kota Asia yang berhasil meraih posisi terbaik dalam 10 besar Indeks Kota Berkelanjutan Edisi 2016.Hanya kalah dari Zurich (Swiss), Singapura berhasil keluar ...

  • propertidata
  • 2016.09.17
  • 86

    view

  • Kota-Kota Asia dan Eropa Bersaing Jadi yang Terbaik

    KOMPAS.com - Singapura dan Seoul menjadi dua kota Asia yang berhasil meraih posisi terbaik dalam 10 besar Indeks Kota Berkelanjutan Edisi 2016.

    Hanya kalah dari Zurich (Swiss), Singapura berhasil keluar sebagai negara paling berkelanjutan nomor dua di dunia, kemudian meraih posisi puncak pada sub indeks Profit yang diukur keberlanjutannya dari perspektif ekonomi dan bisnis.

    Kota sekaligus negara itu juga mengungguli kota-kota lainnya dalam hal kemudahan bisnis dan pariwisata yang menjadi dua dari enam indikator sub indeks profit.

    Sementara itu Seoul, berhasil mengalahkan ibu kota-ibu kota negara Eropa semacam Praha (posisi 9) dan Paris (15) untuk menduduki peringkat tujuh dalam Indeks Kota Berkelanjutan Arcadis 2016.

    Raihan ini membuat ibukota Korea Selatan itu menyamai prestasinya pada tahun lalu.

    Dalam hal sub indeks People yang diukur dari kualitas hidup, Seoul meraih posisi pertama berdasarkan peringkatnya dalam hal kesehatan dan pendidikan rakyatnya.

    Sebanyak 16 dari 20 posisi pada indeks utama jatuh ke kota-kota Eropa seperti Stockholm, Vienna, dan London mendominasi lima besar.

    Hongkong menjadi kota Asia paling berkelanjutan nomor tiga dan berada di peringkat 16 secara keseluruhan.

    Hongkong juga meraih peringkat kedua dalam kategori sub-indeks Profit, tepat di bawah Singapura dan berada di posisi tiga dalam kategori sub-indeks Planet yang diukur berdasarkan indikator lingkungannya.

    "Kota-kota di Asia seperti Singapura dan Hong Kong meraih posisi tinggi pada kategori profit, namun ini juga bisa menjadi pertanda bahwa kurangnya tanggung jawab sosial," tulis laporan Arcadis.

    Lebih lanjut lagi, laporan ini mencatat bahwa faktor-faktor seperti tingginya biaya hidup, raihan posisi pertama dan kedua dalam kategori profit menempatkan kedua kota tersebut di posisi 48 dan 81 dalam hal respek terhadap orang lain.

    Kota Asia lainnya, yakni Makau menempati posisi nomor 41 dalam indeks kota berkelanjutan dan bersaing dengan Singapura untuk menjadi kota dengan pariwisata berkelanjutan nomor satu di dunia.

    Sedangkan Beijing, meski dilanda isu soal polusi udara, ibu kota China itu menempati peringkat 83. Lebih rendah dari kota-kota di China lainnya seperti Shenzen (64) dan Shanghai (74).

    Kota-kota Asia dan Timur Tengah lainnya yang berhasil masuk 100 besar diantaranya adalah Tokyo (45), Taipei (48), Dubai (52), Kuala Lumpur (55), Abu Dhabi (58), dan Bangkok (67).

    properti.kompas.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci