REI Siapkan Standar Kompetensi Pengembang

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Realestat Indonesai (REI), wadah para pengembang Indonesia,  akan membuat standar kompetensi di bidang realestat untuk anggotanya. Standar itu akan menjadi semacam sertifikasi teknis di bidang usaha pengembangan properti sehingga produk pengembang anggota REI bisa dipertanggungjawabkan.

“Ini supaya lebih menjamin profesionalisme para anggota REI sehingga produk yang dihasilkannya itu taat hukum, layak teknis, dan pada akhirnya menjadi tempat yang nyaman, tenang, dan menguntungkan bagi para konsumen,” ujar Djoko Slamet Utomo, Wakil Ketua Umum REI Bidang Organisasi dan Keanggotaan, kepada housing-estate.com di Jakarta, Jumat (17/4).

Djoko Slamet Utomo, Wakil Ketua Umum REI

Djoko Slamet Utomo, Wakil Ketua Umum REI

Standarisasi itu sesuai amanat undang-undang bahwa setiap orang maupun perusahaan yang melakukan pekerjaan di bidang perumahan wajib memiliki kemampuan. Karena itu, standarisasi yang dibuat  cakupannya lebih luas mulai prapembangunan hingga pasca-pembangunan. Djoko menjelaskan, standar kompetensi yang akan dibuat tidak terlalu teknis. Sebab, para pengembang sudah mempunyai tenaga profesional yang mampu membuat rumah sesuai disiplinnya.

“Yang akan kita buat lebih luas lagi mencakup proses perizinan, menyusun anggaran pembiayaan, after sales service, dan sebagainya. Ini lagi kita iris-iris karena cakupannya luas,” jelasnya.

Standar kompetensi ini tidak akan dijadikan aturan wajib yang bisa membatasi ruang gerak anggota REI. Menurut Djoko, standar ini baru sebatas acuan sehingga bila sewaktu-waktu dibutuhkan REI sudah siap. Harapannya menjelang berlakunya Masyarakar Ekonomi Asean (MEA) pada akhir tahun ini, standar kompetensi ini dapat diterapkan kepada pengembang asing. Sejauh ini pemerintah belum punya regulasi untuk mengatur pengembang asing yang menggarap proyek di Indonesia.

“Kalau nanti standar ini bisa menjadi acuan dan bisa menjamin masyarakat mendapatkan produk maupun layanan yang lebih baik, tentu ini bisa diterapkan juga bagi pengembang asing yang masuk sini,” tandasnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me