Ini Cara Agar Makanan di Kulkasmu Tak Beracun

Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStockKeracunan makanan seringnya akibat kontaminasi bakteri. Nah, tahu ga kamu penyimpanan makanan di lemari es atau kulkas berisiko serius tanpa kamu sadari. Lemari es meski ...

  • propertidata
  • 2016.09.17
  • 294

    view

  • Ini Cara Agar Makanan di Kulkasmu Tak Beracun

    Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

    Keracunan makanan seringnya akibat kontaminasi bakteri. Nah, tahu ga kamu penyimpanan makanan di lemari es atau kulkas berisiko serius tanpa kamu sadari. Lemari es meski dingin ternyata tidak mematikan bakteri, hanya mempelambat pertumbuhannya saja. Ada jenis bakteri yang bisa bertahan hidup dalam suhu di bawah minus nol derajat celcius.

    Jika ruang penyimpanan, baik refrigerator maupun freezer, tidak ditangani dengan tepat, bakteri yang lolos hidup akibat kontaminasi dari makanan lain, air, dan serangga, akan tetap hidup. Bakteri inilah yang menyebabkan pembusukan makanan dan penyakit. Bila kulkas rapi dan bersih, tidak ada bahan makanan yang membusuk.

    Inilah tips agar kulkasmu bisa bersih dan rapi:

    Pilihlah wadah penyimpanan khusus untuk menyimpan makanan. Hal ini penting untuk menjaga kualitas dan kesegaran makanan terjaga. Begitupun dengan makanan yang tidak habis atau tersisa, agar tidak gampang busuk terkena bau masakan dan bahan makanan lain. Dengan cara ini, kulkas pun tidak gampang bau.

    Sebaiknya kamu memilih wadah yang mudah ditumpuk dan mudah dalam mengaturnya. Sesuaikan juga dengan berat wadah agar rak dalam kulkas tidak mudah rusak.

    Baca juga: Sudah Bersihkan Kulkasmu?

    Simpan bumbu masak kemasan yang sudah dibuka pada wadah yang kecil. Begitu pula saus, kecap, sambal dan lain-lain. Bumbu masak yang belum dibuka lebih baik disimpan pada rak atau lemari di luar yang sejuk.

    Cuci dahulu sayuran dan buah-buahan sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Jangan lupa untuk mengeringkannya terlebih dahulu.

    Simpanlah daging dan ikan dalam keadaan sudah bersih dan diberi wadah tertutup di freezer agar aromanya tidak tercampur bahan makanan lain.

    Tempelkan label di setiap wadah agar kamu gampang mencari bahan makanan yang kamu butuhkan.

    rumah123.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci