476 Ribu Keluarga Dapat Bantuan Uang Muka Perumahan

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Pemerintah akan memberikan bantuan uang muka perumahan untuk 476 ribu kepala rumah tangga. Besaran bantuan uang muka itu Rp3 juta per keluarga. Menurut Maurin Sitorus, Dirjen Pembiayaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera), jumlah ini merupakan target selama lima tahun yang akan diberikan pemerintah kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Ilustrasi Rumah Sederhana

Ilustrasi Rumah Sederhana

“Perinciannya yaitu 55 ribu unit rumah untuk tahun 2015, 106.500 unit tahun 2016, 124.250 tahun 2017, 124.370 unit tahun 2018, dan 65 ribu unit tahun 2019. Bantuan yang diberikan sebesar Rp4 juta untuk setiap kepala keluarga,” ujarnya saat acara rapat konsultasi regional di Kantor Kemenpupera, Jumat (17/4).

Saat ini, lanjut Maurin, dana yang tersedia untuk sektor perumahan mencapai Rp313 triliun yang merupakan total anggaran dari pemerintah dan swasta. Kebuutuhan dananya sendiri mencapai Rp1.000 triliun sehingga masih ada gap yang cukup jauh antara kebutuhan anggaran dengan dana yang tersedia yaitu mencapai Rp687 triliun.

Untuk itu Maurin mengajak pemerintah daerah yang hadir sebagai peserta rapat regional untuk melaksanakan kewajiban daerah yaitu mendorong pemenuhan perumahan untuk kalangan MBR. Ini harus dilakukan karena merupakan amanat UU No. 1 Tahun 2011 tentang perumahan dan kawasan permukiman.

“UU tersebut mengamanatkan pemerintah daerah harus menyediakan lahan, memberikan kemudahan pembangunan, penertiban dan penataan, insentif untuk mendorong pembangunan, penyelenggaraan rumah, dan kemudahan perizinan. Dengan begitu bisa sinkron dengan program pemerintah pusat, nanti kita berikan subsidinya, jadi program ini untuk daerah bukan pusat,” tandasnya.

Editor: H. Prasojo

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me