Alokasi Anggaran Untuk Perumahan Rakyat Terlampau Kecil

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Hingga lima tahun ke depan pemerintah mengalokasikan anggaran Rp33 triliun untuk program penyediaan perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Untuk tahun 2015 anggaran perumahan yang dialokasikan hanya Rp7,7 triliun.

Ilustrasi : Rumah sederhana

Ilustrasi : Rumah sederhana

“Total anggarannya memang Rp33 triliun lebih dan ini sudah tercantum dalam RPJM 2015-2019. Tapi tahun ini yang tersedia hanya Rp7,7 triliun dan ini harus digunakan untuk mendorong program perumahan layak huni bagi masyarkat termasuk program rumah susun, rumah swadaya, rumah khusus, juga prasarana, sarana, dan utilitas (PSU),” ujar Syarif Burhanudin, Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera), di Jakarta, Kamis (16/4).

Anggaran ini, lanjut Syarif, akan diprioritaskan untuk mendorong pembangunan rumah susun selain untuk penanganan rumah tidak layak huni yang berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) mencapai angka 3,4 juta unit.  Beberapa targetnya yaitu pembangunan rumah swadaya melalui program bedah rumah sebanyak 2,2 juta unit, 550 ribu unit rumah susun, dan 50 ribu rumah khusus.

Anggaran sebesar Rp33 triliun ini diakui Syarif masih belum mencukupi untuk memenuhi target fisik RPJM yang idealnya sebesar Rp184,4 triliun. Untuk menyukseskan program-program perumahan, Syarif telah membentuk lima direktorat, antara lain Direktorat Perencanaan Penyediaan Perumahan, Direktorat Rumah Susun, Direktorat Rumah Khusus dan Rumah Negara, Direktorat Rumah Swadaya, serta Direktorat Rumah Umum dan Rumah Komersial.

“Untuk menyelesaikan persoalan perumahan ini dibutuhkan bantuan dari pemerintah daerah karena mereka yang tahu persis wilayah mana saja yang memerlukan perumahan. Ke depan, pemda juga harus mengalokasikan sebagian dana APBD-nya untuk program perumahan dan memperkuat data perumahan di lokasinya agar penyaluran bantuan bisa tepat sasaran,” tandasnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me