Pemerintah Bangun 8 Bendungan Baru, Cipanas yang Terbesar (II)

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun ini, pemerintah memulai pembangunan 8 bendungan. Dari ke-8 daerah yang ditetapkan, bendungan paling besar dibangun di Cipanas, Jawa Barat dengan besaran volume190 juta meter ...

  • propertidata
  • 2016.09.18
  • 341

    view

  • Pemerintah Bangun 8 Bendungan Baru, Cipanas yang Terbesar (II)

    JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun ini, pemerintah memulai pembangunan 8 bendungan. Dari ke-8 daerah yang ditetapkan, bendungan paling besar dibangun di Cipanas, Jawa Barat dengan besaran volume 190 juta meter kubik.

    Ada pun di Sulawesi Tenggara, Bendungan Ladongi di Kabupaten Kolaka Timur juga akan dibangun pemerintah tahun ini.

    Dengan volume 25,57 juta meter kubik, bendungan ini bermanfaat untuk mengairi sawah seluas 7.424 hektar dan menyediakan air baku 0,08 meter kubik per detik.

    Manfaat lainnya, Bendungan Ladongi mampu menyediakan listrik sebesar 1,15 megawatt dan mereduksi banjir 142 meter kubik per detik.

    Masih di bagian timur Indonesia, pemerintah juga akan membangun Bendungan Napunggete di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT).

    Jumlah volume bendungan ini adalah sebesar 7,63 juta meter kubik dengan manfaat irigasi 700 hektar sawah.

    Bendungan ini juga bermanfaat menyediakan air baku sebesar 0,2 meter kubik per detik dan listrik 0,71 megawatt.

    Kembali ke Jawa Barat, pemerintah merencanakan untuk membangun Bendungan Ciawi dan Sukamahi yang sama-sama terletak di Kabupaten Bogor.

    Dua bendungan ini berjenis dry dam atau bendungan kering yang baru pertama kali dibangun di Indonesia. Tujuannya, untuk mereduksi banjir Jakarta.

    Di Ciawi, volume bendungannya adalah sebesar 6,45 juta meter kubik dengan manfaat reduksi banir sebesar 160 meter kubik per detik.

    Sedangkan di Sukamahi, volume bendungannya tercatat 1,68 juta meter kubik dengan manfaat reduksi banjir 29 meter kubik per detik.

     

    properti.kompas.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci