Konstruksi Tol Soroja Terus Dikebut Meski PON Tengah Berlangsung

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendati Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Jawa Barat tengah digelar, konstruksi Jalan Tol Soreang-Pasir Koja (Soroja) terus dilakukan.Jalan Tol Soroja dibangun dengan tujuan memudahkan ...

  • propertidata
  • 2016.09.19
  • 82

    view

  • Konstruksi Tol Soroja Terus Dikebut Meski PON Tengah Berlangsung

    JAKARTA, KOMPAS.com - Kendati Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Jawa Barat tengah digelar, konstruksi Jalan Tol Soreang-Pasir Koja (Soroja) terus dilakukan.

    Jalan Tol Soroja dibangun dengan tujuan memudahkan akses menuju venue PON Jawa Barat.

    "Saat ini konstruksinya terus berjalan dengan pembebasan lahan versi pemerintah itu 89,16 persen sedangkan kami menganggapnya sudah 95-96 persen," kata Direktur Utama PT Citra Marga Lintas Jawa Barat (CMLJ) Bagus Medi Suarso, saat dihubungi Kompas.com, Senin (19/9/2016).

    Sisa empat persen lahan yang belum dibebaskan disebut Bagus merupakan milik Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK) dan berada di tengah jalur konstruksi sehingga menyulitkan.

    Sementara itu, untuk konstruksinya, sambung Bagus, mendekati angka 80 persen karena tinggal proses penimbunan saja dan pemasangan layer-layer 30 centimeter.

    "Nah pemasangan layer-layer ini yang agak berat karena ini hujan terus dan itu nggak boleh dipasang ketika hujan," imbuhnya.

    Selain untuk mempermudah akses menuju venue pertandingan, tol ini akan menjadi urat nadi baru yang menghubungkan Kota dengan Kabupaten Bandung, yakni Soreang dan sekitarnya.

    Jalan tol ini juga akan mendorong pengembangan kawasan di Bandung Selatan.

    Di samping itu, pembangunan tol tersebut juga bertujuan untuk pemerataan perkembangan daerah Bandung yang selama ini masih bertumpu di wilayah utara.

    Oleh karenanya, ruas jalan tol ini juga akan terhubung dengan Jalan Tol Padalarang-Cileunyi dan dari desain yang sudah ada, terdapat tiga pintu keluar, yaitu Marga Asih, depan stadion Jalak Harupat, dan Kantor Pemerintah Kabupaten Bandung.

    properti.kompas.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci