Ruang Kerja di Rumah, Bisa Lebih Nyaman Daripada di Kantor

Big Banner

Bagi Anda yang kerap mengerjakan pekerjaan kantor di rumah atau memang bekerja di rumah, ruang kerja merupakan hal yang perlu dipertimbangakan. Meski dapat mengerjakan pekerjaan di ruang tamu atau ruangan lainnya, namun tentunya pekerjaan akan lebih terjaga privasinya bila memiliki ruang kerja tersendiri. Disamping itu, Anda dapat bekerja dengan lebih fokus dan berkonsentrasi.

Untuk membuat ruang kerja, Anda tak perlu terpaku dengan desain ruang kerja seperti di kantor. Hanya perlu menerapkan beberapa hal yang diperlukan agar Anda merasa nyaman dan dapat bekerja dengan efektif. Ruangan yang nyaman tentunya memberikan dampak yang baik untuk kualitas pekerjaan Anda. Berikut ini beberapa hal yang dapat diikuti guna membuat ruang kerja di rumah seperti yang dilansir dari hongkiat.com

– Pilih tempat duduk yang nyaman

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa setidaknya terdapat 90% orang dewasa yang mengalami sakit punggung. Salah satu pemicunya adalah duduk dengan posisi yang tidak tepat dalam waktu yang cukup lama. Agar terhindar dari penyakit punggung karena berlama-lama berdiam di depan laptop, Anda harus mencari tempat duduk yang sesuai dengan kontur tubuh supaya tubuh tidak menjadi kaku.

– Pencahayaannya terang

Pencahayaan pada suatu ruang memiliki pengaruh terhadap mood dalam melakukan aktifitas. Penerangan yang redup biasanya membuat Anda kehilangan semangat dan cenderung menjadi lebih malas. Untuk ruangan kerja Anda dapat memberikan penerangan maksimal agar bersemangat ketika menyelesaikan pekerjaan tersebut.

– Jangan letakan barang yang tidak digunakan untuk bekerja

Agar tidak memecahkan konsentrasi ketika bekerja, Anda perlu memilih barang-barang yang diletakan pada ruang kerja. Meletakan banyak barang yang tidak penting sehingga membuat ruangan berantakan, kerap mengacaukan konsentrasi ketika bekerja.

– Dekorasi yang tepat

Terus menerus larut dalam pekerjaan kerap membuat Anda menjadi jenuh. Ada baiknya bila Anda mendekorasi ruang kerja di rumah dengan hal-hal yang Anda sukai. Misalnya memasang lukisan pemandangan alam, atau foto keluarga yang bertujuan memberikan penyegaran dan semangat ketika sedang di pandang.

Demikianlah beberapa hal yang dapat diikuti untuk membuat ruang kerja di rumah. Memiliki ruang kerja pribadi di rumah tentunya memberikan Anda kesempatan untuk mengatur sesuai keinginan. Selain beberapa hal diatas, hal tidak kalah pentingnya adalah pastikan ruang kerja memiliki ventilasi udara yang baik, sehingga udara pada ruangan tetap terjaga kebersihannya.

 

Editor: Ferdinand Lamak / Foto: Istimewa

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me