Ini 4 Strategi Lolos KPR Bagi Pasangan Muda

Big Banner

Pasangan muda yang baru saja menikah biasanya mendambakan memiliki rumah sendiri. Tinggal bersama mertua dari salah satu pasangan adalah hal yang sangat dihindari. Umumnya pasangan muda lebih memilih untuk mengontrak rumah atau apartemen demi mengurus rumah tangganya secara mandiri. Namun ada juga pasangan muda yang bertekad mengambil KPR agar memiliki rumah idaman dan bisa ditinggali hingga bertahun-tahun sampai memiliki keturunan.

Agar pengajuan KPR bagi Anda yang termasuk pasangan muda bisa lolos, ada beberapa tips bermanfaat. Antara lain :

1. Mulai rajin menabung di bank penerbit KPR

Hal ini sebenarnya terdengar klise, tetapi dengan menggalakkan program rajin menabung bersama pasangan setiap bulannya akan sangat bermanfaat saat pengajuan KPR. Jika Anda berdua memiliki penghasilan tetap dengan nominal yang cukup bagus tentu tidak keberatan untuk menyisihkan 30 persennya ke dalam tabungan. Mulailah membuka rekening tabungan di bank penerbit KPR. Tujuannya agar jumlah tabungan Anda mudah dianalisis oleh pihak bank penerbit KPR. Di samping itu, dengan menabung di bank yang memiliki fasilitas KPR akan memudahkan Anda memperoleh persetujuan KPR.

2. Penyesuaian kemampuan membayar angsuran KPR

Sebelum Anda mengajukan KPR, wajib sekali untuk menghitung setiap kebutuhan di luar cicilan KPR. Dengan begitu Anda akan mengetahui berapa bujet yang harus disisihkan untuk membayar angsuran KPR setiap bulan. Hindari keinginan untuk memperbesar jumlah kredit di luar batas kemampuan Anda.

3. Mengecek nilai utang yang berjalan

Ada kemungkinan pasangan muda masih dibebani dengan utang-utang setelah menikah. Bila sebelumnya Anda memiliki utang, pastikan dahulu bahwa utang tersebut telah selesai. Bank akan selalu memeriksa catatan keuangan Anda ketika hendak mengajukan kredit apa pun. Supaya pengajuan KPR Anda lolos disarankan semua  kewajiban Anda tidak bermasalah minimal enam bulan sebelum pengajuan KPR ke bank.

4. Jangan menambah utang baru

Stop dahulu pengajuan utang lain ke bank ketika akan mengajukan KPR seperti kartu kredit, KTA dan lainnya. Ini akan berpengaruh bagi penilaian Anda dari bank. Bank akan meloloskan kredit apabila si calon debitur memiliki penghasilan tiga sampai empat kali lipat dari jumlah angsuran Anda per bulan. Persiapkan data-data Anda seperti KTP suami istri, Kartu Keluarga, Slip Gaji, dan persyaratan pendukung lainnya jika KPR sudah lolos.

Sumber: Aturduit

Foto: Istimewa

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me