Inilah 6 Syarat Kamu Bisa Punya Rumah dari Bantuan Pemerintah

Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStockGak ada alasan kamu gak bisa beli rumah sekarang ini. Kalau kamu punya gaji di bawah Rp7 juta, maka kamu berhak dibantu pemerintah untuk memiliki rumah.Masyrakat berpenghasilan ...

  • propertidata
  • 2016.09.19
  • 556

    view

  • Inilah 6 Syarat Kamu Bisa Punya Rumah dari Bantuan Pemerintah



    Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

    Gak ada alasan kamu gak bisa beli rumah sekarang ini. Kalau kamu punya gaji di bawah Rp7 juta, maka kamu berhak dibantu pemerintah untuk memiliki rumah.

    Masyrakat berpenghasilan rendah (MBR) mendapatkan uang muka (DP) KPR Rp4 juta, uang muka 1% dari harga rumah dengan bunga cicilan 5% tiap bulan. Waktu mencicilnya hingga 20 tahun.

    Kamu tertarik? Eits... tunggu dulu, ada beberapa persyaratan yang kamu harus penuhi sebelum mendapatkan bantuan pemerintah berupa Program Sejuta Rumah ini, di antaranya:

    Rumah pertama

    Karena program ini ditujukan bagi MBR yang belum punya rumah pribadi, maka kamu yang sebelumnya sudah punya rumah pribadi tak boleh ikut program ini.

    Bantuan pertama dari pemerintah

    Harus dipastikan bahwa kamu belum pernah menerima bantuan dari pemerintah. Jadi ini merupakan bantuan pemerintah pertama buat kamu. Semisal kamu pernah menerima bantuan Rusunami, maka kamu tidak dapat  mengikuti program ini.

    Baca juga: Megakarya Propertyndo Fokus Dukung Hunian MBR

    Penghasilan maksimal Rp7 juta

    Pemerintah menentukan untuk kredit rumah tapak dibatasi penghasilan maksimal Rp4juta, sedangkan untuk kredit rumah susun berpenghasilan maksimal Rp7 juta.

    Rumah untuk ditinggali pribadi

    Rumah yang akan didapatkan nantinya tidak boleh disewakan atau dialihkan ke pihak lain sebelum 5 tahun untuk rumah tapak, atau 20 tahun untuk rumah susun.

    Pegawai tetap

    Kamu harus dalam status pegawai tetap. Hal ini sebagai jaminan untuk pihak perbankan dan yang memberikan KPR untuk membayar cicilannya.

    Memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

    Kamu harus memiliki NPWP untuk mempermudah proses pembelian rumah. Di samping itu, mereka juga harus melampirkan surat keterangan penghasilan dari perusahaan tempat bekerja.

    Kalau semua syarat dan ketentuan di atas sudah kamu penuhi, gak perlu kamu ragu untuk mengajukan permohonan punya rumah dari Program Sejuta Rumah.

    rumah123.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci