Ini Trik Menjual Rumah Agar Harganya Tinggi

Terkadang menjual rumah bukanlah perkara yang mudah. Selain karena harganya yang cukup mahal, sebuah tempat tinggal akan menjadi sebuah asset, sehingga butuh pemikiran panjang untuk membelinya. Hal inilah ...

  • propertidata
  • 2016.09.19
  • 203

    view

  • Ini Trik Menjual Rumah Agar Harganya Tinggi

    Terkadang menjual rumah bukanlah perkara yang mudah. Selain karena harganya yang cukup mahal, sebuah tempat tinggal akan menjadi sebuah asset, sehingga butuh pemikiran panjang untuk membelinya. Hal  inilah yang membuat proses jual beli rumah berjalan lama.

    Majalah Properti Indonesia (MPI) edisi September 2016  menurunkan triks bagaimana menjual rumah agar harganya tinggi.  Disebutkan, tak jarang ketika menjual rumah, tidak ada satupun yang berminat dengan rumah kita. Sebenarnya apa yang salah? Bisa saja  kesalahan ada di strategi penjualan yang  kurang tepat. Saat menjual rumah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dilakukan agar cepat terjual dengan harga yang cukup tinggi.

    Periksa Kondisi Rumah

    Apabila rumah yang dijual  adalah rumah pribadi, maka periksalah kondisi rumah dan perbaiki bagian-bagian yang rusak. Terdapat beberapa area yang menjadi fokus calon pembeli ketika memilih rumah, yaitu ruang tamu, dapur, dan teras. Pastikan ketiga area ini masih sangat bagus, sehingga akan menarik perhatian pembeli.

    Buatlah rumah tampak lebih menarik. Perhatikan warna cat dinding di masing-masing ruangan. Jika warna sudah pudar atau penuh dengan coretan, maka sebaiknya cat ulang bagian tersebut. Jangan lupa perhatikan tata letak dari setiap barang yang ada di rumah.

    Pastikan juga semua sudut rumah sudah rapi dan bersih. Dengan demikian, tampilan rumah akan terlihat lebih menarik dan calon pembeli akan lebih leluasa ketika melakukan survei. Hal terakhir yang harus diperhatikan yaitu cahaya alami dan udara yang masuk ke dalam ruangan.

    Satu-satunya cara yang dapat dilakukan adalah dengan membuka semua tirai dan jendela. Hal ini dapat memberikan kesan rumah yang terlihat dan terasa bersih serta sehat.

    Promosi/Iklan

    Iklankan Secara Offline dan Online Hal paling penting yang harus dilakukan ketika menjual sebuah rumah yaitu dengan memasang iklan di mana-mana.

    Memasang iklan di satu media saja tentunya tidak akan cukup. Apabila ingin rumah cepat terjual, maka sebaiknya pasarkan melalui berbagai cara, yaitu offl ine dan online. Cara offl ine yang dimaksud adalah dengan membuat flyer, memasang plang, memasang iklan di koran, dan lainnya. Berbeda dengan pemasaran offline, cara pemasaran online tentu lebih mudah dan praktis.

    Bila perlu buatlah  situs sederhana atau Blog khusus untuk jual beli properti. Langkah selanjutnya gunakanlah semua media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, Path, dan lainnya.

    Baik memasarkan secara offl ine maupun online, foto rumah yang akan dijual wajib Pastikan memasang foto dengan kualitas yang bagus dan menggambarkan keadaan ruangan maupun lingkungan di sekitarnya. Dengan demikian, pembeli akan lebih tertarik dan memiliki gambaran mengenai kondisi rumah yang dijual.

    Jangan hanya menggambarkan setiap sudut ruangan, foto yang dipilih harus memiliki kualitas yang baik. Foto yang jelas dan diambil dengan profesional akan lebih menarik perhatian dan minat dari calon pembeli.

    Gunakan Jasa Agen

    Cara ini sebenarnya tidak wajib dilakukan, namun dapat menjadi salah satu pilihan yang cukup tepat. Apabila pada akhirnya memutuskan untuk menggunakan jasa agen properti, sebaiknya gunakanlah agen profesional. Biasanya seorang agen professional memiliki relasi yang banyak, sehingga rumah pun akan lebih cepat terjual.

    Agen properti profesional pun biasanya sudah sangat paham mengenai kisaran harga yang ditawarkan. Sang pemilik bisa saja mengatakan nominal yang ingin didapatkan, selanjutnya agen properti yang akan mengatur penjualan harga rumah tersebut.

    Seorang agen nantinya akan membantu sang pemilik rumah dari mulai tahap mempromosikan hingga closing. Sebagai pemilik, tentunya akan lebih praktis jika menggunakan jasa agen karena tidak perlu repot meluangkan waktu dan tenaga yang lebih untuk mengurus segala sesuatunya. Tidak hanya sampai proses closing, ada juga agen properti yang akan selalu memberikan pengarahan mengenai pro perti.

    Pasang Harga Wajar

    Harga rumah adalah hal penting selanjutnya yang perlu dipikirkan. Jangan pernah asal dalam menentukan harga, sebaiknya lakukan survei terlebih dahulu mengenai harga rumah di sekitar.

    Ketika melakukan survei, cari tahu harga dari beberapa rumah yang memiliki spesifikasi sama. Banyak yang menentukan harga rumah berdasarkan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) dari struk pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Perlu diingat bahwa hasil perhitungan NJOP tidak dapat digunakan  sebagai penentu harga jual rumah.

    Patokan yang digunakan untuk menentukan harga jual adalah harga pasar yang memiliki nilai lebih tinggi jika dibandingkan dengan NJOP. Meskipun demikian, NJOP dapat membantu untuk mengetahui harga minimal dari sebuah rumah. Memasang rumah dengan harga yang lebih tinggi dari pasaran tentunya tidak akan menguntungkan.   MPI/Urbanindo. MPI versi digital dapat diakses melalui: http://www.wayang.co.id/index.php/majalah/properti-indonesia  atau https://www.getscoop.com/id/majalah/properti-indonesia  .

    mpi-update.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci