Dianggap ‘Kepala Naga’, Properti Jakarta Utara Tetap ‘Seksi’ Meski Langganan Banjir

Big Banner

Jakarta -Kawasan pemukiman dan komersial di Jakarta Utara seperti Kelapa Gading dan Pluit tetap diminati meski kawasan ini selalu jadi langganan banjir. Kawasan-kawasan elit ini dianggap sebagai ‘kepala naga’ karena dipercaya mendatangkan rezeki atau hoki. Benarkah?

Head of Research Savills PCI, Anton Sitorus menjelasakan, ada sejumlah pertimbangan mengapa pasar properti di lokasi-lokasi tersebut tetap menggeliat walaupun sering banjir.

“Yang pertama adalah lokasinya dianggap strategis dekat dengan pusat aktivitas, pusat kegiatan ekonomi, fasilitas transportasi dekat, dekat sekolah, dekat rumah sakit dan sebagainya. Makanya lokasi ini tetap menarik meski sering banjir,” katanya kepada detikFinance, Selasa (10/2/2015).

Faktor kedua adalah soal hubungan sosial di kawasan tersebut. Ada beberapa keluarga yang ingin tinggal di satu kawasan. “Banyak orang yang kalau sudah suka dengan satu lokasi ya inginnya di situ-situ saja. Apa lagi kalau dekat dengan keluarga. Itu yang menyebabkan pasar properti di satu wilayah biasanya sudah punya market sendiri dan nggak khawatir dengan terpaan banjir,” katanya.

Ketiga, faktor kepercayaan karena dianggap sebagai lokasi yang mendatangkan rezeki. Kawasan-kawasan tertentu sering dianggap sebagai lokasi ‘Kepala Naga’

“Yang paling terkenal itu karena dianggap membawa ‘Hoki’. Apa lagi bagi mereka yang punya usaha di lokasi itu. Ada yang bilang itu lokasi kepala naga. Faktor itu juga ikut mempengaruhi tingginya permintaan. Makanya harga properti di sana masih naik,” katanya.

Keempat, faktor yang membuat pasar properti di lokasi itu tetap menarik adalah adanya pemahaman bahwa tidak ada kawasan di Jakarta dan sekitarnya seperti Depok, Bekasi, Tangerang dan Bogor yang bebas banjir. Sehingga faktor banjir tidak lagi menjadi pertimbangan besar dalam menentukan lokasi properti yang akan dibeli.

“Orang yang mau beli di Jakarta itu kan sadar kalau banjir itu di mana sih wilayah Jabodetabek yang nggak banjir? Nggak ada yang benar-benar nggak banjir. Lagi pula banjir itu hanya di Jalanan, nggak sampai masuk ke pemukiman mereka. Jadi itu nggak masalah buat mereka yang mau membeli properti di Kelapa Gading dan lainnya,” katanya.
Mau tahu alasan lainnya klik di sini!

finance.detik.com