Tips Agar Investasi Apartemen Anda Menguntungkan

Ingat, tidak semua investasi apartemen menguntungkan. Karena itu perlu memahami tips dan triks sebelum membeli apartemen agar menguntungkan. Majalah Properti Indonesia (MPI) edisi September 2016 menurunkan ...

  • propertidata
  • 2016.09.19
  • 254

    view

  • Tips  Agar Investasi Apartemen Anda Menguntungkan

    Ingat, tidak semua investasi apartemen menguntungkan. Karena itu perlu memahami tips dan triks sebelum membeli apartemen agar menguntungkan. Majalah Properti Indonesia (MPI) edisi September 2016 menurunkan liputan tentang tips memilih apartemen agar menguntungkan.

    Lokasi

    Lokasi sebuah Apartemen merrupakan faktor utama yang perlu diperhatikan ketika membeli unit apartemen. Soal lokasi juga berlaku untuk semua produk properti . Kenapa? Sebuah lokasi nantinya akan berdampak panjang untuk berinvestasi.

    Apabila apartemen memang diproyeksikan untuk bahan investasi, sebaiknya pilihlah lokasi premium yang strategis. Maksudnya, apartemen tersebut berada di kawasan yang dekat dengan fasilitas umum, pusat bisnis, dan kawasan penting lainnya.

    Bukan hanya untuk berinvestasi, lokasi strategis pada apartemen yang akan dijadikan sebagai hunian pun tentunya sangatlah penting. Pemiliknya akan memiliki kemudahan akses ketika membutuhkan sarana penunjang, seperti sekolah, pusat perbelanjaan, rumah sakit, dan lainnya.

    Fasilitas Apartemen.

    Setelah lokasi, hal lain yang harus dipertimbangkan adalah fasilitas dari apartemen yang akan dibeli. Pilihlah apartemen yang dapat memberikan berbagai kemudahan  dan kenyamanan. Hal ini tentunya dapat memudahkan penghuninya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

    Beberapa fasilitas yang disediakan oleh pengelola apartemen biasanya terdiri dari adanya mini-market dan beragam sarana kebugaran. Tidak hanya itu, biasanya fasilitas dari sebuah apartemen juga dilengkapi dengan pemandangan yang indah.

    Lengkapnya fasili tas yang ada di apar temen dapat menjadi daya tarik bagi siapapun untuk menyewa bahkan membelinya. Sebagai pembeli, fasilitas yang lengkap pun akan menunjang aktivitas seharihari.

    Legalitas/Status Tanah

    Mendengar namanya saja mungkin akan terasa membingungkan, namun hal ini sangat penting untuk dilakukan. Jangan sampai membeli properti yang masih dalam kasus sengketa atau ada di atas lahan sewa. Dalam hal ini, mintalah bantuan notaris untuk melakukan pengecekan sebelum transaksi dilakukan.

    Apabila pengecekan status tanah tidak dilakukan, maka tidak menutup kemungkinan bahwa apartemen yang dibeli akan bermasalah di kemudian hari. Jika hal ini terjadi, tentunya apartemen tersebut tidak akan memiliki nilai investasi dan bahkan pemilik yang menempatinya pun akan sangat dirugikan.

    Siapa Pengembang & Pengelola

    Perhatikan Pengembang dan Pengelola Hal yang satu ini sangat penting untuk diperhatikan karena akan berdampak pada kualitas dan nilai investasi di kemudian hari. Tak jarang ada pengembang yang asal  membuat apartemen untuk kepentingan sendiri tanpa memerhatikan kualitas.

    Sebaiknya pilihlah apartemen yang  dibangun oleh pengembang terpercaya dan memiliki nama baik dalam dunia properti. Pengembang seperti ini tentu sudah sangat mengerti apa kebutuhan dari para konsumennya, sehingga akan memberikan yang terbaik.

    Cari tahu juga dari mana pihak pengembang mendapatkan dana. Biasanya dana ini berasal dari modal sendiri atau pinjaman bank. Pilihlah pengembang yang menggunakan modal sendiri karena tentunya risiko apartemen  tersebut disita akan lebih kecil.

    Setelah memastikan pengembang yang bagus, selanjutnya cari tahu pengelola dari apartemen tersebut.   Pastikan reputasinya baik dan memiliki jaringan internasional karena akan ada jaminan kesuksesan dalam menaikkan harga investasi dari apartemen tersebut.

    Beli Sedini Mungkin

    Waktu pembelian dari apartemen sangatlah penting untuk diperhatikan karena harga penjualan pada awal pemasaran tentunya lebih murah. Sebisa mungkin, belilah ketika apartemen tersebut belum selesai dibangun. Istilahnya, belilah ketika masih periode pre-launch alias masa sebelum launching. Harga ketika sudah launching akan jauh lebih mahal. Perbedaannya pun bisa mencapai angka puluhan juta rupiah.

    Namun terkadang, informasi mengenai apartemen yang launching tidak tersebar secara merata. Sebaiknya jalin kerja sama dengan pihak pengembang untuk mendapatkan informasi lebih awal.

    Membeli apartemen di waktu awal memanglah menguntungkan, namun harus pastikan bahwa hasilnya tidak akan mengecewakan. Untuk hal yang satu ini memang sulit dipastikan, salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan memilih apartemen yang dikelola oleh pihak terpercaya.

    Harganya & Kemampuan

    Soal lain yang juga perlu dipertimbangkan adalah harganya. Jangan pernah memaksakan membeli apartemen yang harganya jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan kondisi keuangan. Jika ini dilakukan, maka akan memicu kegagalan dari investasi yang sudah direncanakan. (Urbanindo/MPI). MPI versi digital dapat diakses melalui: http://www.wayang.co.id/index.php/majalah/properti-indonesia  atau https://www.getscoop.com/id/majalah/properti-indonesia  .

    mpi-update.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci