Subsidi Rumah Bisa Mubazir

Housing-Estate.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal Realestat Indonesia (REI) Hari Raharta Sudradjat mengkhawatirkan kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang membeli rumah bersubisidi. Menurutnya, ...

  • propertidata
  • 2016.09.20
  • 327

    view

  • Subsidi Rumah Bisa Mubazir

    Housing-Estate.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal Realestat Indonesia (REI) Hari Raharta Sudradjat mengkhawatirkan kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang membeli rumah bersubisidi. Menurutnya, rupa-rupa bantuan yang diberikan pemerintah untuk membantu masyarakat bisa mubazir bila persoalan lain yang terkait dengan perumahan tidak diikut dibenahi.

    Hari Raharta Sudradjat

    “Pemerintah sudah bebaskan PPN 10 persen, memberi subsidi bunga lebih 7 persen, dan bantuan uang muka. Tapi nanti PBB (Pajak Bumi Bangunan) rumahnya naik, NJOP naik, listrik naik, semua serba naik. Akhirnya rumah itu ditinggal penghuninya (dijual), itu kan hilang semua subsidinya,” ujarnya kepada housing-estate.com di Jakarta, Senin (19/9).

    Persoalan-persoalan itu seharusnya mendapat perhatian khusus pemerintah. Jangan sampai di satu tempat biayanya dikuragi di tempat lain ditambah. Karena itu dibutuhkan koordinasi yang lebih kuat antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah.

    Pajak sektor perumahan sejauh ini menjadi salah satu sumber utama PAD (pendapatan asli daerah). Karena itu Pemda gemar menaikkan pajak dan retribusi jika ingin mendongkrak pemasukan. Masalahnya, Pemda kerap abai dengan persoalan perumahan karena menganggap itu urusan individu yang tidak perlu mendapat bantuan pemerintah.

    “Jadi, jangan mudah menaikkan NJOP rumah murah. Deregulasi perizinan oleh pemerintah pusat juga belum terasa dampaknya. Ini karena sebagian besar izin ada di daerah,” imbuhnya.

    housing-estate.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci