Bagaimana Cara Perpanjang SHGB Apartemen?

Properti berupa bangunan memiliki dua jenis sertifikat yakni SHGB dan SHM. Saat SHGB sudah jatuh tempo, bagaimana cara memperpanjangnya?JAKARTA - Masih banyak masyarakat yang ragu dalam membeli apartemen ...

  • propertidata
  • 2016.09.20
  • 79

    view

  • Bagaimana Cara Perpanjang SHGB Apartemen?

    Properti berupa bangunan memiliki dua jenis sertifikat yakni SHGB dan SHM. Saat SHGB sudah jatuh tempo, bagaimana cara memperpanjangnya?JAKARTA - Masih banyak masyarakat yang ragu dalam membeli apartemen. Apalagi bila dikaitkan dengan hak kepemilikan properti, baik tanah maupun bangunan.

    Yang patut dipahami, apartemen dan landed house tidak jauh berbeda dalam hal legalitasnya. Namun, yang membuat beda keduanya, terletak pada kepemilikan tanahnya.

    Seperti yang diketahui, properti berupa bangunan memiliki 2 jenis sertifikat, yakni Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB) dan Sertifikat Hak Milik (SHM). Umumnya, SHM pertama kali dimiliki oleh pengembang.

    Kemudian dengan upaya balik nama, SHM bisa jadi milik penghuni. Sedangkan, untuk apartemen, lahan adalah milik pengembang, sementara pemilik unit akan memegang sertifikat strata title. Ini setara dengan SHGB.

    Saat diketahui apakah SHGB Anda perlu diperpanjang atau tidak, pada jatuh tempo pemakaian, biasanya tim Perhimpunan Pemilik dan Penghuni Satuan Rumah Susun (PPPSRS) akan mendatangi penghuni.

    “Mereka akan memberikan sebuah surat pernyataan yang berisi besaran biaya yang diperuntukan memperpanjang sertifikat HGB. Besaran biaya bisa berdasarkan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) atau bahkan bisa di atas rata-rata NJOP”, kata Steffanus Herryanto, selaku pengembang dari Principle Expro Realty, seperti dilansir dari laman okezone.com, Selasa (20/9/2016).

    “Sebenarnya, aturan bakunya, setiap pembayaran dibagi rata. Dimana luas tanah apartemen dibagi dengan jumlah unit yang ada, lalu dikalikan dengan luasan unit per meter persegi. Namun, umumnya banyak yang memilih disesuaikan dengan NJOP wilayah tersebut,” tambah Steffanus.

    infonitas.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci