Markas FBI dan Intelijen Inggris Digelari Bangunan Terburuk di Dunia

KOMPAS.com - Seperti kebanyakan desainer dan arsitek tahu bahwa ada beberapa ide rancangan yang terlihat lebih baik di atas kertas ketimbang kenyataannya.Untuk alasan itulah Building Design, sebuah situs ...

  • propertidata
  • 2016.09.20
  • 70

    view

  • Markas FBI dan Intelijen Inggris Digelari Bangunan Terburuk di Dunia

    KOMPAS.com - Seperti kebanyakan desainer dan arsitek tahu bahwa ada beberapa ide rancangan yang terlihat lebih baik di atas kertas ketimbang kenyataannya.

    Untuk alasan itulah Building Design, sebuah situs arsitektur Inggris menggelar Carbuncle Cup atau gelar yang ditujukan untuk gedung paling buruk selama setahun.

    Pada tahun ini, situs tersebut mencemooh Lincoln Plaza, sebuah gedung residensial mewah setinggi 31 lantai di London sebagai gedung terburuk dan menyebutnya sebagai gedung horor yang tidak seharusnya dibangun.

    Berikut ini daftar gedung terburuk di dunia:

    1. Lincoln Plaza, London, Inggris

    'Pemenang' Carbuncle Cup 2016 ini sejatinya merupakan gedung mewah dan terdiri dari bermacam fasilitas.

    Sebut saja, klab kesehatan, teater film pribadi, dan taman musim dingin empat lantai, semuanya ada di apartemen 31 lantai ini.

    Kendati begitu, desain arsitektur gedung ini justru mengundang banyak kritik dan Building Design sendiri menyebut pembungkus gedungnya kacau, fasad dan balkonnya tumpang tindih sehingga menjadikan Lincoln Plaza memiliki desain memalukan dan gimik visual yang murah.

    Tim Ayers/Alamy Lincoln Plaza

    2. Aoyama Technical College, Tokyo, Jepang

    Bangunan universitas di Jepang ini dihubungkan dengan salah satu karakter yang ada di film Transformers.

    Menurut situs resmi univeritas, bangunan ini terdiri dari elemen arsitektural esensial seperti kotak surat, tangki air, dan penangkal petir.

    Menyusul berbagai sambungan yang merepresentasikan tatanan baru bukan melalui kontrol sederhana dari atas, melainkan melalui toleransi kekacauan.

    Aoyama Technical College

    3. J Edgar Hoover Building, Washington DC, Amerika Serikat (AS)

    J Edgar Hoover Building merupakan markas besar FBI yang selesai dibangun pada 1974 dan menelan biaya sebanyak 126 juta dollar AS.

    Ini gedung pemerintahan termahal yang pernah dibangun.

    Beberapa tahun lalu, The Independent melaporkan bahwa gedung ini pernah dianggap penuh gaya karena menampilkan ide agensi pemerintahan yang kuat dan penuh percaya diri.

    Namun pada 2006, Institut Arsitek Amerika menyebutkan bahwa J Edgar Hoover Building merupakan gedung perusak lingkungan, canggung, dan minim sopan santun.

    J Edgar Hoover Building

    4. M16 Building, London, Inggris

    Gedung-gedung yang digunakan untuk agen intelijen pemerintahan sepertinya memiliki rancangan yang buruk.

    Setelah J Edgar Hoover Building yang merupakan markas FBI, gedung agensi dengan rancangan terburuk berikutnya jatuh kepada M16 Building.

    M16 Building merupakan markas dari Badan Intelijen Inggris yang secara konsisten berada di posisi atas sebagai gedung terburuk di dunia karena desainnya.

    5. Liverpool Metropolitan Cathedral, Liverpool, Inggris

    Menurut Travel + Leisure, ketika katedral ini pertama kali dibuka pada 1967, keramik-keramik mosaik berjatuhan dan atapnya mulai roboh.

    Impresi pertama yang buruk ini membuat orang-orang enggan masuk ke dalam katedral.

    Flickr/Tim Dutton Liverpool Metropolitan Cathedral

    properti.kompas.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci