REI Dorong Pengembang Go International

JAKARTA Real Estat Indonesia (REI) menilai, tantangan para pengembang yang berhimpun di asosiasi itu adalah bagaimana mensiasati perekonomian global. Di sisi lain, para pengembang properti juga didorong ...

  • propertidata
  • 2016.09.21
  • 485

    view

  • REI Dorong Pengembang Go International

    JAKARTA – Real Estat Indonesia (REI) menilai, tantangan para pengembang yang berhimpun di asosiasi itu adalah bagaimana mensiasati perekonomian global. Di sisi lain, para pengembang properti juga didorong untuk berkiprah di kancah internasional (go international).

    “Saat ini sudah pasar bebas. Banyak investor asing masuk ke Indonesia, kita juga harus berani dan tidak mau kalah. Kami mendorong pengembang besar maupun menengah untuk investasi ke luar negeri,” ujar Hari Raharta, sekretaris jenderal DPP REI, di Jakarta, baru-baru ini.

    Dia menegaskan, REI saat ini dituntut untuk selalu mampu beradaptasi dan menyiasati perubahan dan perkembangan ekonomi global. Namun, selaku mitra pemerintah, REI juga ikut mewujudkan hunian yang nyaman dan aman bagi masyarakat di Tanah Air.“Nanti REI harus dikelola secara dinamis, kolaboratif dan mengakar, serta membantu pemerintah dalam mewujudkan pembangunan sektor perumahan,” kata Hari.

    Menurut dia, REI tidak pernah mengeluh mengenai kondisi properti di Tanah Air. Namun, tukas dia, pihaknya senantiasa memberi masukan kepada pemerintah terkait sektor properti di Indonesia agar tumbuh lebih baik. Persoalan klasik seperti masalah perizinan, listrik, infrastruktur, dan pembiayaan menjadi masalah yang harus dihadapi. Sedangkan pemerintah saat ini sudah maksimal memberikan kemudahan dan pemangkasan perizinan.

    “Kami tentu menyambut baik langkah pemerintah memangkas perizinan dan kemudahan lainnya dengan berbagai paket regulasi yang telah dikeluarkan pemerintah,” katanya.

    Sementara itu, Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Provinsi Banten Soelaeman Soemawinata, mengatakan, tantangan industri properti ke depan lebih besar lagi. Terlebih, katanya, keran pasar bebas Asean telah dibuka. Selain itu, kian banyak investor asing yang masuk ke Indonesia. “Karena itu, perlu meningkatkan kualitas developer Indonesia agar lebih kuat lagi. Bila perlu, pengembang kita ekspansi ke luar negeri,” kata dia, di Jakarta, belum lama ini.



    Imam Muzakir/EDO

    Investor Daily

    beritasatu.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci