Zurich, Kota Paling Berkelanjutan di Dunia

KOMPAS.com - Kota Zurich di Swiss terpilih menjadi Kota Paling Berkelanjutan di dunia berdasarkan Indeks Kota Berkelanjutan Arcadis 2016.Secara sub indeks tempat atau Planet, Zurich berada di posisi pertama, ...

  • propertidata
  • 2016.09.21
  • 68

    view

  • Zurich, Kota Paling Berkelanjutan di Dunia

    KOMPAS.com - Kota Zurich di Swiss terpilih menjadi Kota Paling Berkelanjutan di dunia berdasarkan Indeks Kota Berkelanjutan Arcadis 2016.

    Secara sub indeks tempat atau Planet, Zurich berada di posisi pertama, sedangkan secara sub indeks masyarakat (People) dan ekonomi (Profit), kota tersebut menempati posisi 27 dan 5.

    Indeks Kota Berkelanjutan Arcadis ini mengeksplorasi tiga permintaan terhadap People, Planet, dan Profit untuk mengembangkan sebuah peringkat indikatif terhadap 50 kota-kota di dunia.

    Adapun sub indeks pengukuran People berdasarkan infrastruktur transportasi, kesehatan, edukasi, ketidaksamaan pendapatan, keseimbangan kehidupan kerja, rasio ketergantungan dan ruang hijau di dalam kota.

    Indikator ini dapat secara luas dianggap sebagai upaya menangkap kualitas hidup untuk warganya di kota masing-masing.

    Sementara sub indeks Planet melihat pada konsumsi energi kota, pembagian energi terbarukan, siklus daur ulang, emisi gas rumah kaca, risiko bencana alam, ketersediaan air minum, sanitasi, dan tingkat polusi udara.

    Sedangkan sub indeks Profit melihat performa kota dalam hal perspektif bisnis, penggabungan sistem transportasi, kemudahan melakukan bisnis, keterlibatan kota dalam jaringan ekonomi global, kepemilikan properti, biaya hidup, produk domestik bruto (PDB) per kapita, dan efisiensi energi.

    Menurut penilaian Arcadis, terpilihnya Zurich sebagai kota paling berkelanjutan di dunia karena memiliki reputasi kuat sebagai kota yang ramah untuk ditinggali.

    Selain itu Zurich juga dikenal sebagai kota kontemporer yang fokus terhadap lingkungan sama dengan fokusnya menjadi institusi finansial dunia.

    Kendati memuncaki sub indeks Planet dan Profit, Zurich masih berada di posis 27 untuk sub indeks People.

    Hal ini terjadi lantaran biaya hidup tinggi dan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi masih terjadi di sana.

    Adapun faktor yang membuat Zurich berada di posisi pertama sub indeks Planet adalah upayanya untuk menjadi pioner sebagai kota 2.000-watt society pada 2050 mendatang.

    2.000-watt society merupakan pendekatan yang dilakukan Pemerintah Kota Zurich untuk menghadapi perubahan iklim dan semakin langkanya sumber daya alam.

    Tujuannya adalah untuk membuat masyarakat Zurich hanya menggunakan energi sebesar 2.000 watt per kapita, sesuai dengan jumlah penggunaan energi berkelanjutan global.

    Adapun komitmen yang dibuat untuk bisa merealisasikan program ini di antaranya adalah dengan investasi dan fokus terhadap penghematan energi serta energi terbarukan, fan membangun gedung-gedung berkelanjutan.

    Kemudian mobilitas untuk masa depan, dan upaya-upaya guna meningkatkan kesadaran publik, termasuk pagelaran acara tahunan bertemakan lingkungan dalam Hari Aksi Zurich Multimobil.

    Faktor berikutnya adalah transportasi umum yang modelnya sangat berkelanjutan dibandingkan negara lain.

    Keberadaan trem, kereta, bus, kereta cepat, dan lainnya terkoordinasi dengan baik sehingga mobilitas publik menjadi lebih simpel dan terjangkau.

    Sebagai hub ekonomi global, Zurich tidak hanya menarik sebagai tempat bisnis tetapi juga orang-orang untuk berada di sana.

    Bagusnya kualitas kehidupan, pendidikan yang atraktif, dan kesempatan bekerja tinggi menjadi faktor lain tingginya posisi Zurich dalam segala indeks Arcadis.

    Bermacam inovasi dan industri bisnis mulai dari yang kecil sampai besar membentuk dasar penting dalam sektor ekonomi Zurich.

    Sebagai tambahan, tingginya level produktivitas dan rendahnya upah buruh di Zurich membuat biaya produksi lebih rendah dibandingkan kota-kota lainnya di dunia.

    Atas segala faktor tersebut, maka tak salah jika Zurich menjadi kota yang atraktif untuk dijadikan tempat berinvestasi, tinggal, dan bekerja.

    properti.kompas.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci