Pekerja Informal Dapat Bantun DP Rp30 juta

Housing-Estate.com, Jakarta - Pola baru bantuan perumahan akan diluncurkan pemerintah awal tahun depan. Skema baru itu berupa bantuan uang muka sebesar Rp30 juta. Selama ini bantuan untuk sektor perumahan ...

  • propertidata
  • 2016.09.21
  • 324

    view

  • Pekerja Informal Dapat Bantun DP Rp30 juta

    Housing-Estate.com, Jakarta - Pola baru bantuan perumahan akan diluncurkan pemerintah awal tahun depan. Skema baru itu berupa bantuan uang muka sebesar Rp30 juta. Selama ini bantuan untuk sektor perumahan melalui skema fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) dengan memberikan subsidi bunga. Skema baru uang muka tersebut merupakan pilot project untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dari kalangan pekerja informal memeiliki rumah. Mereka tidak dapat mengakses perbankan yang prosedur ketat dalam memberikan kredit.

    Ilustrasi

    “Jumlah pekerja informal cukup besar tapi bank tidak bisa menyalurkan pinjaman kepada mereka karena pertimbangan kehati-hatian. Makanya bantuan diberikan di muka, kekurangannya dicicil dengan bunga komersial,” ujar Dirjen Pembiayaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Perumahan (Kemenpupera) Maurin Sitorus, kepada housing-estate.com di Jakarta, Rabu (21/9).

    Pada tahap awal bantuan akan diberika kepada 5.000 pekerja informal yang memiliki kios seperti pedagang dan usaha lain yang menetap. Karena menetap bank lebih mudah melakukan assessment. Sebelum diberi bantuan mereka diharuskan menabung terlebih dulu selama 6-12 bulan. Ini untuk mengetahui kemampuan mencicil.

    Bantuan sebesar Rp30 juta plus simpanan pribadi, katakanlah Rp5 juta sehingga menjadi Rp35 juta, sudah mencukupi untuk membayar uang muka rumah bersubsidi. Kekurangannya ditutup pinjaman dari bank dengan bunga komersial. Bantuan uang muka ini juga diberikan pada pekerja informal yang punya kemampuan mencicil tapi sulit menyediakan uang muka dan akses ke perbankan.

    “Dengan pola seperti ini bank mau memberikan kredit, konsumen juga akan habis-habisan mempertahankan rumahnya karena uang muka yang dibayarkan cukup besar. Kalau cicilannya bermasalah rumah akan disita bank dan dijual dengan harga banting,”  kata Maurin.

    housing-estate.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci