Juni 2017, Tol Medan-Kualanamu Bisa Beroperasi

Pembangunan jalan tol Medan. Foto: Rumah123/Kemen PUPRDirektur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Hediyanto W Khusaini, menargetkan kebutuhan tanah untuk Tol Medan-Kualanamu-Tebing ...

  • propertidata
  • 2016.09.21
  • 390

    view

  • Juni 2017, Tol Medan-Kualanamu Bisa Beroperasi

    Pembangunan jalan tol Medan. Foto: Rumah123/Kemen PUPR

     

    Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Hediyanto W Khusaini, menargetkan kebutuhan tanah untuk Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) tuntas akhir tahun ini.

    Dia optimistis Desember tahun ini tol tersebut rampung kalau tidak ada kendala. Hal ini disampaikannya saat meninjau lokasi pembangunan Tol MKTT dan Tol Medan Binjai seperti dikutip dari siaran pers Kementerian PUPR .

    Tol MKTT sepanjang 61,75 km dibagi menjadi tujuh sesi. Sesi pertama dan kedua, dibangun oleh pemerintah menggunakan loan dari China.

    Medan-Parbarakan-Kualanamu sepanjang 17,8 km dengan progres 51,6 persen. Sisanya digarap oleh PT Jasa Marga Kualanamu Tol (JMKT), yakni  Parbarakan-Tebing Tinggi sepanjang 43,95 km dengan progres konstruksi 49,2 persen.

    Baca juga: Undang-Undang Pengadaan Tanah Penting Disosialisasikan

    Saat ini, pengadaan lahan ruas Medan–Kualanamu mencapai 87,40 persen. Sementara ruas Parbarakan-Tebing Tinggi sudah mencapai 87,51 persen.

    Jika target pembebasan lahan terpenuhi, Juni 2017 jalan tol sepanjang Medan-Kualanamu bisa dioperasikan. Sedangkan Tol MKTT ditarget beroperasi 2018.

    Pengerjaan Tol Medan–Binjai dikatakan juga selesai Desember mendatang. Tetapi, masih menunggu pembebasan lahan seluas 2 km. Jika tidak terhambat, 2 ruas tol bisa dioperasikan 2018.

    “Hampir 90 persen sudah selesai yang sisi Binjai sesi dua dan tiga. Sementara sesi satu ke arah Medan memang masih menunggu proses," ucapnya menjelaskan. (Wit)

    rumah123.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci