Manfaatkan  Air Danau, Serpong Kencana  Bangun WTP

Housing-Estate.com, Jakarta - Sumber daya alam bisa dimanfaatkan lebih optimal untuk mengembangkan suatu kawasan yang berkelanjutan (green environment). Salah satu contohnya perumahan Serpong Kencana (47 ...

  • propertidata
  • 2016.09.22
  • 1402

    view

  • Manfaatkan  Air Danau, Serpong Kencana  Bangun WTP

    Housing-Estate.com, Jakarta - Sumber daya alam bisa dimanfaatkan lebih optimal untuk mengembangkan suatu kawasan yang berkelanjutan (green environment). Salah satu contohnya perumahan Serpong Kencana (47 ha) besutan PT Blessindo Terang Jaya (HansonLand) dengan memanfaatkan air hujan untuk air baku di perumahannya.

    Serpong Kencana

    Serpong Kencana di Jalan Dago, Parung Panjang, kendati secara administrasi masuk wilayah Kabupaten  Bogor tapi letaknya lebih dekat dengan Serpong, Tangerang Selatan. Menurut Marketing Manager Serpong Kencana Erika Setyani, air hujan dikelola menjadi sumber air baku water treatment plan (WTP). Pengembang membuat WTP karena untuk mendapatkan air tanah agak sulit dengan mengebor cukup dalam.

    “Makanya kita manfaatkan air hujan yang ditampung di dua waduk dengan kapasitas 17.500 m3 dan 10.000 m3. WTP ini kita bangun dengan biaya lebih dari Rp1,5 miliar. Di sini tidak perlu lagi sumur pompa karena setiap rumah ada ground tank berkapasitas 600 liter,” ujarnya kepada housing-estate.com di lokasi perumahan, pekan ini.

    WTP berkapasitas 24 ribu m3/jam itu disalurkan ke rumah warga menggunakan dua mesin pompa. Pompa akan ditambah apabila jumlah penghuninya semakin. Erika menyatakan apabila air waduk tidak mencukupi sumber air baku akan diambil dari luar. Harga airnya saat ini masih menggunakan tarif subsidi, Rp5.500/m3 untuk rumah dan Rp7.500/m3 untuk ruko.  “Nanti harganya akan sama dengan PDAM sekitar Rp7.000-an,” imbuhnya.

    Serpong Kencana menjadi alternative hunian di barat Serpong karena lokasinya dekat dengan Stasiun Parung Panjang. Rumah yang dipasarkan antara lain tipe 45/72 seharga Rp400 jutaan. Ada juga rumah dua lantai 85/72 Rp600 jutaan.

    housing-estate.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci