Ada ‘Tangan’ Arsitek Burj Al Arab di Pulau Buatan Jakarta

Big Banner

Jakarta -Pulau reklamasi yang dikembangkan oleh PT Intiland Development Tbk, di Pantai Mutiara Jakarta Utara sudah dikerjakan sejak 1986. Total luas lahan reklamasi mencapai 100 hektar, termasuk di dalamnya ada kawasan kondominium atau apartemen mewah seluas 11 hektar.

Selain rumah tapak (landed house) mewah, kawasan pulau reklamasi garapan Intiland ini dilengkapi 10 tower kondominium dengan bentuk unik. Kondominium yang diberi nama The Regatta memiliki bentuk mirip layar kapal. Sepintas bangunan ini menyerupai Burj Al Arab di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) yang tersohor sebagai hotel termewah dunia.

Masterplan kondominium The Regatta dikerjakan oleh perusahaan konsultan arsitektur, desain, teknik mesin yang kondang berbasis di London, WS Atkins Design and Engineering, yang dipimpin oleh Tom Right yang merancang Burj Al Arab.

Pada Juni 2014 lalu, Intiland menyiapkan pengembangan tahap II The Regatta yang terdiri dari 3 tower apartemen: London, New York, dan Shang Hai. Sedangkan tahap I terdiri dari 4 tower apartemen yang sudah selesai dibangun.

“Untuk high rise-nya (bangunan bertingkat), ada apartemen Regatta. Sekarang kita sedang progress untuk Regatta tahap II,” kata Corporate Secretary PT Intiland Development Tbk Theresia Rustandi kepada detikFinance, Rabu (11/2/2015).

Apartemen Regatta dikembangkan oleh Badan Kerjasama Mutiara Buana (BKMB). BKMB merupakan perusahaan patungan dari pengembang PT Intiland Development Tbk dan PT Global Ekabuana.

Dari total lahan pengembangan Regatta seluas 11 hektar, pengembangan tahap II menempati lahan seluas 16.921 meter persegi. Lokasi tower apartemen di tahap II ini berada di bagian kawasan yang memiliki pemandangan terbaik ke arah laut Jawa.

Selain pulau reklamasi Intiland di Pantai Mutiara, pengembang Agung Podomoro juga sedang melakukan reklamasi untuk pulau buatan seluas 165 hektar di Pantai Indah Kapuk (PIK) yang dilakukan oleh anak usahanya, yaitu PT Muara Wisesa Samudera.

(hen/hds)

finance.detik.com