Jangan Kaget Bunga KPR Naik Mendadak, Ya!

Ilustrasi: Rumah123/iStockSuku bunga kredit, terlebih Kredit Pemilikan Rumah (KPR) di Indonesia masih terus menuai kritikan dan keluhan. Pasalnya, bunga kredit tersebut bisa mencapai dua digit.Beberapa ...

  • propertidata
  • 2016.09.22
  • 423

    view

  • Jangan Kaget Bunga KPR Naik Mendadak, Ya!

    Ilustrasi: Rumah123/iStock

    Suku bunga kredit, terlebih Kredit Pemilikan Rumah (KPR) di Indonesia masih terus menuai kritikan dan keluhan. Pasalnya, bunga kredit tersebut bisa mencapai dua digit.

    Beberapa bank diketahui menawarkan bunga satu digit, yaitu di kisaran 8-8,5 persen. Sayangnya, kebanyakan hanya berlaku untuk dua hingga lima tahun pertama kredit berjalan. Selanjutnya, bunga akan kembali mengikuti pasar.

    Kebanyakan debitur mengeluhkan hal ini. Padahal, beberapa negara tetangga sudah menerapkan suku bunga yang sangat rendah untuk KPR. Sebut saja Singapura yang hanya berkisar pada angka 2,5 persen.

    Bagaimanapun itu, kebutuhan papan juga tak bisa lepas dari kehidupan masyarakat. Mau tidak mau, suka tak suka, suku bunga tinggi pun akan diterima. Toh, mendapat persetujuan kredit dengan bunga tinggi saja sulit bukan kepalang.

    Baca juga: Bunga KPR Turun? Jalan Masih Panjang, Bung!

    Debitur yang sudah berhasil mendapat bunga ringan di tahun-tahun awal kredit berjalan tak perlu khawatir soal bunga ke depannya. Hanya perlu sedikit "menahan diri" meski saat ini masih memegang bunga ringan.

    Misalnya, untuk mereka yang memperoleh kredit dengan tenor 10 tahun, sebaiknya tidak lantas berfoya-foya saat bunga kredit masih rendah. Tetaplah sisihkan sebanyak yang kamu bisa untuk membayar bunga kredit selanjutnya.

    Bisa karena biasa. Pernah dengar ungkapan itu? Sebaiknya, sejak awal kredit, tetaplah beranggapan bahwa bunga kredit kamu adalah 12 persen (misalnya). Jadi, ketika bunga kredit kembali mengikuti pasar, kamu ga akan kaget lagi, kan!

    rumah123.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci