BPJS Harap Tahun Ini Program Rumah Pekerja Terlaksana

Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStockBadan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS-TK) menambah program perumahan untuk para pekerja. Hal ini demi membantu pemerintah mengurangi backlogperumahan ...

  • propertidata
  • 2016.09.22
  • 393

    view

  • BPJS Harap Tahun Ini Program Rumah Pekerja Terlaksana

    Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

      Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS-TK) menambah program perumahan untuk para pekerja. Hal ini demi membantu pemerintah mengurangi backlog perumahan.

    Sepekan lalu, BPJS-TK telah menandatangani MoU antara Bank Tabungan Negara (BTN), PT PP, dan Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker).

    Ada 100 ribu unit nantinya yang akan dibangun oleh PT PP. Sedangkan BTN mendanai pembangunan konstruksinya, meskipun investor utamanya adalah BPJS-TK. Meskipun begitu, lembaga plat merah ini masih belum bisa menjalankan program tersebut.

    "Sampai sekarang kami masih menunggu Permenaker (Peraturan Menteri Tenaga Kerja) sebagai payung hukum. Mudah-mudahan tahun ini juga sudah bisa dijalankan," kata Kepala Urusan Investasi Properti BPJS-TK, Edy Subagyo, Rabu (21/9).

    Baca juga: BPJS Ajak Investor Pihak Ketiga Bangun Rumah Pekerja

    Permenaker saat ini masih tak kunjung selesai digarap. BPJS TK, lanjutnya, sudah berkoordinasi kepada Kemenaker. Namun, aturan tersebut membutuhkan proses yang makan waktu lama.

    "Kami sudah sering berkomunikasi pada mereka. Tapi, ada konflik di internal Kemenaker, masih pro dan kontra. Meski itu sudah selesai digarap, harus dilakukan lagi proses ke Kemenkum HAM," katanya.

    Pembiayaan KPR untuk serikat pekerja ini selain dibantu BPJS-TK sebagai investor utama. BPJS juga membuka bagi investor lain. Edy menyebut ada 18 pengembang yang sudah menandatangani kesepakatan. (Wit)

    rumah123.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci