Debitur KPR BTN Konvensional Masih Lebih Besar Ketimbang BTN Syariah

Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStockPenyaluran kredit pemilikan rumah (KPR) Subsidi Bank Tabungan Negara (BTN) Konvensional, menurut data yang diperoleh rumah123.com, terbilang besar dibanding BTN Syariah ...

  • propertidata
  • 2016.09.22
  • 446

    view

  • Debitur KPR BTN Konvensional Masih Lebih Besar Ketimbang BTN Syariah

    Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

    Penyaluran kredit pemilikan rumah (KPR) Subsidi Bank Tabungan Negara (BTN) Konvensional, menurut data yang diperoleh rumah123.com, terbilang besar dibanding BTN Syariah. Para peminjam atau calon debitur ini lebih memilih BTN Konvensional.

    "Karena secara aset, BTN Konvensional jauh lebih besar dibanding BTN Syariah," kata Business and Sales Department Head BTN, Budi Permana kepada rumah123.com, Rabu (21/9).

    Dari data BTN, jumlah debitur untuk BTN Syariah jenis KPR Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) pada awal Januari hingga 9 September 2016 sebanyak 8.535 unit. Dana kredit yang digelontorkan sebesar Rp912.928 miliar. Kemudian, nilai saluran dana FLPP dibantu pemerintah hanya Rp821.635 miliar.

    Beda lagi dengan jenis KPR Subsidi Selisih Bunga (SSB) telah membantu 1.428 unit hunian. Pengeluaran dana maksimal kredit yang dipinjamkan kepada debitur Rp153.588 miliar. Sama seperti BTN Konvensional, dana FLPP untuk SSB tidak dibantu pemerintah.

    Baca juga: Selama 2016, BTN Salurkan Rp9,5 Triliun untuk KPR Subsidi

    BTN Syariah, lanjut Budi, masih tergabung dengan unit usaha syariah BTN Konvensional dan belum bisa berdiri sendiri. Kapasitas BTN Syariah juga belum sebesar BTN yang sudah berdiri  sejak 1897 ini. Meski terbilang kecil, angka tersebut dari penuturan Budi, masih terbilang besar dibanding bank konvensional dan sejenisnya.

    "Walaupun kecil, itu masih jauh lebih besar angkanya dibanding bank lain. Jangankan dengan bank syariah lainnya, dengan bank konvesional lainnya juga masih jauh lebih besar. Share kami 98 persen untuk KPR Subsidi," ujarnya.

    Realisasi KPR Subsidi BTN Syariah per 1 Januari hingga 19 September 2016, jenis kreditnya adalah KPR Sejahtera FLPP dan KPR SSB.

    KPR Sejahtera FLPP jumlah debiturnya mencakup 8.535 unit rumah. Maksimal dana yang disalurkan untuk jenis kredit ini Rp912.928 miliar dengan nilai FLPP sebesar Rp821.635 miliar.

    Sedangkan KPR SSB terdiri atas 1.428 debitur. Maksimal kreditnya mencapai Rp153.588 miliar, tanpa Nilai FLPP. (Wit)

    rumah123.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci