Pasar Kelas Menengah Atas Tumbuh Awal 2017

JAKARTA-Pengamat properti menilai bahwa dampak masuknya dana repatriasi dari program tax amnesty terasa dampaknya awal 2017.Tax amnesty sampai triwulan III/2016 belum terlalu terasa bagi sektor properti ...

  • propertidata
  • 2016.09.23
  • 1418

    view

  • Pasar Kelas Menengah Atas Tumbuh Awal 2017

    JAKARTA-Pengamat properti menilai bahwa dampak masuknya dana repatriasi dari program tax amnesty terasa dampaknya awal 2017.

    “Tax amnesty sampai triwulan III/2016 belum terlalu terasa bagi sektor properti karena semua masih menyibukan diri untuk ikut program ini. Namun, mulai awal tahun 2017, pasar properti menengah atas justru akan kebanjiran dana,” kata pengamat properti dari Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda, dalam Media Ghatering bertajuk “Potensi Dana Repatriasi Tax Amnesrty di Ranah Properti”, di Jakarta, Kamis (22/9).

    Ali mengatakan, pertumbuhan properti tahun depan bukan tanpa alasan karena sampai 20 September 2016 deklarasi aset telah menembus angka psikologis Rp 1.011 triliun dengan dana repatriasi sekitar Rp 55-58 triliun. Jumlah itu, kata dia, akan terus bertambah.

    Menurut dia, masuknya dana repatriasi akan memberikan dorongan psikologis yang kuat bagi para investor untuk melakukan investasi properti. Properti menjadi prioritas utama karena dana yang masuk tidak harus mengendap selama tiga tahun. Sektor properti sebagai investasi jangka panjang dan akan menjadi pilihan mengingat nilai investasi semakin bertumbuh. “Kehadiran tax amnesty ini harus diikuti dengan insentif bagi para pemodal untuk berinvestasi di sektor ini,” katanya.

    Ali menegaskan, masuknya modal dari luar negeri akan memperkuat struktur pembiayaan bagi pembangunan infrastruktur dan properti. Baik itu di bursa saham maupun juga di sektor riil, termasuk banjirnya dana-dana murah di perbankan sehingga bunga rendah akan segera terjadi.



    Imam Muzakir/EDO

    Investor Daily

    beritasatu.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci